Rabu 06 Juli 2022, 22:54 WIB

Tahun Depan, Indonesia Larang Ekspor Timah

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tahun Depan, Indonesia Larang Ekspor Timah

Antara
Tambang timah di Beliting Timur

 

SETELAH nikel, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pemerintah Indonesia berencana melarang ekspor timah pada tahun depan.

Larangan ekspor barang mentah tersebut guna memberi nilai tambah pada produk timah domestik dan sebagai upaya membangun industri hilirsasi di Tanah Air.

"Tahun ini kita akan menyetop bauksit, melarang ekspor bauksit mentah. Tahun depan kita akan melarang ekspor timah," kata Bahlil usai acara pertemuan kedua Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG)/The Second TIIWG Meeting di Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (6/7).

Bahlil menambahkan, Indonesia merupakan penghasil atau produsen timah terbesar kedua dunia setelah Tiongkok. Namun, untuk ekspor timah terbesar di dunia dipegang Indonesia.

Dalam catatan Kementerian ESDM, cadangan timah nasional mencapai 800 ribu ton atau 17% dari total cadangan timah dunia sebesar 4.741.000 Ton.

Timah Indonesia menjadi buruan asing karena hasil produknya digunakan untuk melapisi baja dan diperlukan untuk industri otomotif. Sehingga, upaya pelarangan ekspor timah diniscaya mempercepat pembangunan industri hilirisasi dalam negeri.

"Kita baru melakukan hilirisasi tidak lebih dari 5%. Dengan kita membangun hilirisasi, lingkungan itu bisa kita jaga, kalau tidak penambangan liar terus terjadi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dosen UGM: Transformasi BUMN oleh Erick Thohir Dinilai Berhasil

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:07 WIB
Pertamina berhasil masuk 500 perusahaan terbesar dunia berdasarkan pendapatannya dalam satu tahun...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Pencetus Ide Kreatif Iklan Brand Besar di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:18 WIB
Jessica Kartika merupakan founder dari JJ INDONESIA (Group) yang terdiri dari Whizzup Digital Indonesia, JJ Communications, JJ Promotion...
Ist

BRI Dorong Para Talenta Muda Jadi Profesional Kompeten

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:46 WIB
Program BRILiaN Young Leader Indonesia (BYLI), pengembangan bagi pekerja Insan BRILiaN muda terpilih yang memberikan akselerasi karier,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya