Rabu 25 Mei 2022, 20:06 WIB

Bertemu Wakil Presiden Zambia, Jokowi Tawarkan Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Indriyani Astuti | Ekonomi
Bertemu Wakil Presiden Zambia, Jokowi Tawarkan Penguatan Kerja Sama Ekonomi

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) menyapa Wakil Presiden Zambia W.K. Mutale Nalumango (kanan)

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menerima Wakil Presiden Zambia W.K. Mutale Nalumango. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas upaya penguatan kerja sama di bidang ekonomi.

"Bapak Presiden menyampaikan harapan, ke depan ekspor Indonesia termasuk Crude Oil Palm, kertas, dan pakaian jadi terutama, dapat terus ditingkatkan ke Zambia," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya selepas pertemuan di Bali, Rabu (25/5).

Selain itu, Presiden Jokowi menyampaikan informasi beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia sedang menjajaki kerja sama di Zambia. Menlu menyebut pada bidang perkeretaapian, PT INKA bekerja sama dalam penyediaan lokomotif untuk proyek Zambia Railway dari Victoria Falls menuju Kota Chingola.

"Selain itu, ada BUMN Indonesia yang juga sedang menjajaki kerja sama dalam konteks perluasan dan modernisasi terminal Bandara Internasional Lusaka," imbuhnya.

Baca juga: Rencana Pembantaian Kuda Nil di Zambia Picu Kecaman

Untuk sektor energi baru terbarukan, Menlu mengatakan Presiden Jokowi menyampaikan rencana usaha gabungan pembuatan pembangunan dan pengelolaan pembangkit listrik tenaga surya di Zambia.

"Bapak Presiden juga menyampaikan keinginan perusahaan-perusahaan farmasi Indonesia berkontribusi memperkuat sektor kesehatan di Zambia, terutama pemenuhan vaksin yang diperlukan," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Zambia menyampaikan menyampaikan pentingnya kedua negara melakukan pertemuan joint commission. Wakil Presiden Zambia berkeinginan agar Indonesia bisa membantu meningkatkan kapasitas sektor-sektor yang diperlukan Zambia, antara lain bidang manajemen kebencanaan dan pertambangan.

"Tadi juga disebutkan keinginan bekerja sama dalam capacity building masih, tetapi juga sebagai tambahan di bidang pertanian," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Bank DBS Luncurkan Layanan Perbankan Digital Intuitif dan Pintar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:42 WIB
This is DBS digibanking, layanan perbankan digital yang intuitif dan pintar bagi nasabah ritel, korporasi maupun Usaha Kecil dan Menengah...
DOK Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land Raih Lamudi Awards di Lima Kategori

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:23 WIB
Penghargaan yang diraih itu sebagai Best Developer ialah PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT...
Antara

Audit Perusahaan Sawit, BPKP Libatkan Kejagung hingga Polri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:15 WIB
BADAN Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyusun gambaran umum audit sektor sawit di Indonesia dengan menggandeng Kejaksaan Agung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya