Rabu 30 Maret 2022, 22:13 WIB

April, Solar Berstandar Euro IV Ada di Seluruh SPBU Indonesia 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
April, Solar Berstandar Euro IV Ada di Seluruh SPBU Indonesia 

Antara/Olha Mulalinda
Pertmina Dex hadir di SPBDU di Papua Barat

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan, bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar 51 dengan kandungan sulfur 50 ppm atau setara Euro IV dengan nama dagang "Pertamina Dex” hadir di SPBU seluruh Indonesia per 1 April 2022. 

“Emisi gas buang kendaraan yang menggunakan BBM jenis ini tentunya akan lebih bersih, yang selanjutnya akan meningkatkan kualitas udara lebih bersih," kata Dirjen Minyak dan Gas Bumi ESDM Tutuka Ariadji dalam rilis resmi, Rabu (30/3). 

Implementasi BBM jenis Solar 51 setara Euro IV tersebut merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 Tahun 2017 pada 7 April 2017 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Tipe Baru Kategori M, Kategori N dan Kategori O. 

KLHK mewajibkan setiap usaha atau kegiatan produksi kendaraan roda empat atau lebih tipe baru untuk memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang. 

Pengujian itu dilakukan menggunakan bahan bakar minyak diesel dengan parameter Cetane Number (CN) minimal 51, kandungan sulfur maks. 50 ppm dan kekentalan (viscosity) 2-4,5 mm2/s, mulai diberlakukan 7 April 2022. 

Untuk menjamin kualitas bahan bakar yang dipasarkan di dalam negeri, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi mengklaim rutin melakukan pengawasan terhadap standar dan mutu bahan bakar melalui pengambilan percontohan bahan bakar. 

Hal ini, lanjut Tutuka, untuk memastikan bahwa badan usaha niaga telah melaksanakan ketentuan peraturan dan juga memberikan jaminan kualitas kepada masyarakat pengguna bahan bakar. 

Baca juga : Tanggung Selisih Harga Solar Rp7.800 per Liter, Pengamat Nilai Pemberian Kompensasi Perlu Berbasis Regulasi

Tutuka menerangkan, proses penyusunan standar bahan bakar itu melibatkan berbagai pemangku kepentingan, antara lain perwakilan dari pemerintah, produsen bahan bakar, asosiasi, dan akademisi 

“PT Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara dipastikan telah siap menyediakan BBM jenis Solar 51 sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku," pungkasnya. 

Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono menegaskan, sesuai regulasi, Pertamina harus memenuhi standar bahan bakar diesel dengan kandungan CN minimal 51 dan maksimal sulfur 50 ppm atau setara standar Euro IV. 

"Pertamina akan memenuhi dan menyediakan bahan bakar ini, mulai dari sisi hulu di produksi kilang hingga di sisi hilir di pendistribusiannya ke lembaga penyalur," ucapnya. 

PT Kilang Pertamina Internasional, Sub Holding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero), telah memproduksi Pertamina Dex dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm di empat kilangnya dengan kapasitas total per bulan mencapai lebih dari 95 ribu kilo liter. 

Di sisi penyaluran, sejak September 2021 Pertamina Dex telah disalurkan kepada konsumen industri. Mulai 1 April 2022, BBM ini akan disalurkan ke 2.155 SPBU di seluruh Indonesia. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Top Corporate Finance Award 2022 Siap Kembali Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 20:00 WIB
Top Corporate Finance Award 2022 merupakan penghargaan spesial bagi perusahaan-perusahaan banking, insurance & financing dengan kinerja...
Antara/Ari Bowo Sucipto

Bagian dari Edukasi dan Literasi, Indodax Kembali Selenggarakan Trading Competition

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:28 WIB
Indodax Trading Fest Oktober 2022 memberi   kesempatan besar bagi membernya untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah sekaligus...
Dok. Asmindo

Kolaborasi Dorong Peningkatan Kualitas UKM Mebel Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:09 WIB
Perguruan tinggi juga diharapkan dapat memunculkan SDM tangguh di bidang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya