Rabu 30 Maret 2022, 14:25 WIB

Cek Harga Minyak Goreng, Presiden Blusukan ke Pasar

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Cek Harga Minyak Goreng, Presiden Blusukan ke Pasar

Dok. Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi saat meninjau sejumlah pasar di wilayah Jawa Tengah

 

PRESIDEN Joko Widodo meninjau sejumlah pasar di wilayah Jawa Tengah pada Rabu (30/3) ini. Kepala Negara ingin memastikan ketersediaan bahan pokok, terutama minyak goreng.

Jokowi, sapaan akrabnya, mengecek keamanan stok dan harga minyak goreng, setelah pemerintah menetapkan aturan baru terkait harga eceran tertinggi (HET).

"Kita ingin mengecek terutama menjelang Ramadan," ujar Presiden.

Baca juga: Stok Minyak Goreng Surplus 1 Juta Kilo Liter, DPR : Kenapa Langka?

Di Pasar Baledono, Kabupaten Purworejo, Jokowi melihat stok minyak goreng curah sangat terbatas. Harganya pun dibanderol Rp15.500 per liter, atau di atas HET pemerintah, yakni Rp14.000 per liter.

"Tadi saya lihat di situ tinggal dua liter. Ada tapi stok tidak banyak. Harganya Rp15.500 per liter. Itu masih belum mencapai yang kita inginkan di Rp14.000. Untuk harga yang lain masih pada posisi baik," katanya.

Adapun terkait minyak goreng kemasan modern, Kepala Negara melihat stok cukup banyak. Namun, harganya melambung tinggi hingga Rp24.000 per liter.

"Saya kira, untuk minyak goreng kemasan, stok cukup. Paling penting memang jangan sampai harga naik terlalu tinggi. Kalau menjelang Lebaran, seperti itu kebiasaannya," pungkas Jokowi.

Baca juga: Jelang Ramadan, Minyak Goreng dan Sirup Merajai Transaksi E-Commerce

Hal serupa tidak jauh berbeda di Pasar Tempuran, Magelang. Minyak goreng masih menjadi persoalan pelik di tengah kehidupan masyarakat.

Untuk bahan pangan lain, seperti cabai dan bawang merah, Jokowi melihat ketersediaan cukup banyak dan harga dalam posisi normal. Dia sempat membeli dua komoditas tersebut dari seorang pedagang setempat.

“Ini berapa harga cabai?” tanya Presiden. “Rp40.000 per kilogram (kg),” jawab pedagang cabai. "Ya saya beli kg,” lanjut Jokowi.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Kepala Badan Pangan: Satgas Pangan Harus Awasi HET Beras

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 20:11 WIB
Langkah tersebut perlu dilakukan guna mencegah pedagang memainkan harga di...
Antara

Presiden: Hilirisasi Bisa Datangkan Manfaat Senilai US$715 Miliar

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:27 WIB
Kepala Negara menegaskan upaya ekstra untuk mendorong hilirisasi perlu dilakukan, agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara...
ANTARA

Harga Beras dan Minyak Goreng Belum Stabil Karena Stok Makin Menipis

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:24 WIB
Menanggapi soal harga beras, Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan bahwa saat ini belum memasuki masa panen sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya