Kamis 09 Desember 2021, 16:34 WIB

Persiapkan SDM Pertanian untuk Hadapi Tantangan Baru

mediaindonesia.com | Ekonomi
Persiapkan SDM Pertanian untuk Hadapi Tantangan Baru

Dok. Kementan
Training of Trainer (ToT) Integrated Farming Berbasis Closed Loop di PPMKP Ciawi, Jawa Barat.

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan pengembangkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang profesional, berdaya saing, dan berjiwa enterpreneur tinggi merupakan kunci agar sektor pertanian di Indonesia menjadi semakin baik.

"Tidak ada lain kecuali kita harus cetak SDM yang lebih banyak adaptif, yang memiliki inovasi yang kuat, dan mampu mengimplementasikan riset, teknologi, dan sains," kata Syahrul dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia di Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Baca juga: Peringati Hari Bakti PU Ke-76, BP2P Jawa I Gelar Bakti Sosial

Hal itu ia sampaikan saat membuka secara virtual Training of Trainer (ToT) Integrated Farming Berbasis Closed Loop di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Jawa Barat, 9-10 Desember 2021. Kegiatan tersebut diikuti widyaiswara, dosen, guru, dan penyuluh pertanian.

"Guru, dosen, dan widyaiswara, harus mengetahui artificial inteligent. Mereka yang akan melakukan transfer of knowledge, transfer of behavior. Tidak ada lagi produksi tanpa artificial inteligent. Yang tidak pakai closed loop dan artificial inteligent, tidak akan laku di dunia," lanjutnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP Kementan), Dedi Nursyamsi, mengatakan widyaiswara, dosen, guru, dan penyuluh pertanian akan dibekali berbagai konsep dan teknologi terapan terkait dengan closed loop system.
 
Dedi berharap para peserta ToT nantinya melakukan transfer pengetahuan tentang closed loop sehingga bisa diimplementasikan dengan baik agar petani mendapatkan jaminan sarana produksi, jaminan menghasilkan produksi tinggi di on farmnya, dan jaminan harga yang menggembirakan. 

"Demikian juga petani akan mendapatkan jaminan apa yang dihasilkan bisa lanjut ke proses olahaan. Bahkan dia juga dapat jaminan produknya betul-betul ada yang beli dengan harga yang menggembirakan," tutupnya. (RO/A-3)

Baca Juga

Sengketa Asuransi, Ini Kata Pakar agar Sengketa Nasabah dan Asuransi Tuntas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:05 WIB
Prudential, AIA Financial Indonesia, dan AXA Mandiri dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100% dari polis unit link yang...
MI/Agus Utantoro

Menkop UKM Sebut G20 Berpotensi Hasilkan Nilai Konsumsi Rp1,7 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 07:27 WIB
"G20 berpotensi  menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dengan nilai konsumsi sebesar Rp1,7...
DOK GOJEK

Mobilitas Bangkit dari Pandemi, Gojek Siap Jawab Kebutuhan Transportasi Masa Depan di 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 07:24 WIB
Masuki 2022, Gojek fokus pada dua aspek inovasi; keterandalan layanan dan integrasi antar-layanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya