Rabu 08 Desember 2021, 22:12 WIB

Ini Kelebihan Tinggal di Hunian Berkonsep TOD 

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Ini Kelebihan Tinggal di Hunian Berkonsep TOD 

Dok. Pribadi
Maket pengembangan Anwa Residence Bintaro

 

SAAT memilih hunian, terutama apartemen, preferensi orang dalam hal aksesibilitas cukup beragam. Ada yang ingin tinggal dekat pusat kota, ada yang tertarik dengan fasilitas mal serta sekolah, dan ada pula yang mencari hunian dekat sarana transportasi umum seperti stasiun.  

Apartemen dekat stasiun kerap menjadi incaran banyak orang. Terlebih KRL telah menjangkau banyak kawasan, termasuk daerah penyangga ibu kota. 

Hunian dengan akses transportasi umum kerap disebut dengan transit oriented development (TOD). Transportasi umum yang bisa menembus kemacetan adalah solusi mobilitas terbaik. Tak heran bila apartemen dekat stasiun memiliki nilai jual yang tinggi. 

Berikut kelebihan tinggal di hunian dengan akses transportasi umum. 

Terhindar dari Macet 

Jalanan Ibu Kota sudah tidak bisa ditolerir lagi macetnya. Apalagi kemacetan kerap berlangsung di jam-jam sibuk, seperti waktu berangkat dan pulang kerja. Dengan tinggal di apartemen dekat trasnportasi umum, terlebih stasiun kereta, bisa lebih menghemat waktu dan terbebas dari macet. Efisiensi jarak, waktu, dan tenaga benar-benar terpenuhi. 

Kemudahan akses 

Selain terhindar dari macet, penghuni juga bisa melakukan perjalanan ke kantor atau ke sekolah tanpa harus berangkat pagi buta karena waktu yang ditempuh dari rumah ke stasiun pun terasa lebih cepat. Tak hanya itu, di sekitaran stasiun KRL juga terdapat banyak halte bus serta pangkalan ojek sehingga bisa menjadi alternatif transportasi selain naik kereta. 

Baca juga : Angkasa Pura I Proyeksikan Rugi Rp601 M di Tahun Depan 

Irit bensin 

Imbas positif lain dari tinggal di apartemen dekat stasiun, penghuni akan jarang menggunakan kendaraan pribadi. Pergi ke kantor atau pusat perbelanjaan cukup naik kereta. Maka secara tidak langsung, lebih irit pengeluaran untuk membeli bensin. 

Kualitas hidup meningkat 

Tinggal di area TOD dianggap bisa meningkatkan kualitas hidup karena rasa stres dan emosi yang sering muncul akibat kemacetan bisa lebih terhindari. Di samping itu, penghuni juga bisa lebih banyak berjalan kaki atau bersepeda untuk menuju ke stasiun agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan. 

Nilai investasi tinggi 

Hunian dengan akses transportasi publik juga cocok dijadikan investasi karena banyak dicari oleh pencari properti. Hunian dengan transportasi umum dianggap berpotensi menjadi wilayah yang berkembang dan maju, karena dekat dengan pusat transportasi umum serta beragam fasilitas publik lainnya. 

Salah satu hunian berkonsep TOD yang saat ini sedang dikembangkan ialah Anwa Residence yang dibangun di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Hunian itu diklaim hanya berjarak 3 menit ke Stasiun Jurang Mangu. 

"Selain menjadi apartemen dekat stasiun, tentunya Anwa Residence Apartemen dikelilingi fasilitas publik yang esensial seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan sekolah unggulan. Lokasinya yang terletak di Bintaro, Tangerang Selatan juga diprediksi akan terus berkembang, sehingga nilai investasinya pun bisa terus meningkat," kata Kenny Glorious Andwa, Direktur PT Hocky ANwa Lestari, pengembang Anwa Residence dalam keterangannya. 

Dalam menyembut Natal dan Tahun Baru Anwa Residence Apartemen Bintaro memiliki program promo menarik. Khusus di bulan Desember ini, pengembang membuat promo cicilan 5 jutaan tanpa BI checking. Konsumen bisa langsung memilih unit yang diinginkan, dan juga memilih hadiah suka-suka seperti TV dan AC. (RO/OL-7)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

SKK Migas : Rasio Penggantian Cadangan Migas di Atas 100%

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 21 Januari 2022, 10:54 WIB
Kinerja ini dianggap sebagai indikator positif di industri hulu migas untuk menggantikan cadangan migas yang sudah...
Dok.CSAP

CSAP Ekspansi, Buka Mitra10 di Pekan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:56 WIB
Ekspansi yang agresif merupakan strategi CSAP untuk meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan dan sekaligus untuk menguasai pangsa...
MI/heri susetyo

Insentif PPN Properti dan Otomotif Incar Dana Kelas Menengah Atas

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:25 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan logika dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya