Kamis 26 Agustus 2021, 18:49 WIB

Gernas BBI Perlkuat Promosi dan Akses Pasar Produk UMKM Jawa Timur

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Gernas BBI Perlkuat Promosi dan Akses Pasar Produk UMKM Jawa Timur

DOK Arf Footwear.
Ilustrasi

 

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dinilai mampu memperkuat promosi dan perluasan akses pasar produk-produk buatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur.

Pemimpin Wilayah BRI Malang Prasetya Sayekti, di Kota Malang, Kamis (26/8), mengatakan bahwa, salah satu target yang ditetapkan pada pelaksanaan Gernas BBI Jawa Timur pada Agustus 2021 tersebut, adalah memperkuat promosi produk UMKM yang selama ini terbatas.

"Target kami melalui Gernas BBI, agar UMKM tetap berkembang, dan tumbuh khususnya di masa pandemi COVID-19. Salah satunya dengan memperkuat promosi produk," kata Prasetya.

Prasetya menjelaskan, pada Gernas BBI melalui pameran virtual industri kreatif Lokal Keren Jatim Road to BRILianpreneur, diharapkan bisa dijadikan ajang promosi produk bagi pelaku UMKM di wilayah Jawa Timur.

Menurutnya, melalui pameran virtual tersebut, para pelaku UMKM dari Jawa Timur, dibukakan pintu pasar potensial di seluruh wilayah Indonesia, dan tidak menutup kemungkinan dari pasar luar negeri.

"Melalui Gernas BBI, UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual. Kami berharap, hal tersebut bisa mendorong UMKM di Jawa Timur untuk terus berkembang," ujarnya.

Prasetya menambahkan, Gernas BBI juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing pelaku UMKM, khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur, dengan memanfaatkan platform digital sebagai salah satu media promosi dan meningkatkan transaksi penjualan.

"Dengan kondisi saat ini terjadi pandemi COVID-19, diharapkan UMKM bisa beralih pada transaksi online. Selain meminimalisasi risiko penyebaran COVID-19, transaksi online juga menjangkau konsumen dengan lebih luas," katanya.

Untuk mempermudah para konsumen dalam melakukan transaksi pada Gernas BBI, BRI menyiapkan akses transaksi berbasis daring seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, kartu debit dan kartu kredit BRI.

Pada Gernas BBI kali ini, diikuti sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, sebanyak 130 UMKM berada di wilayah kerja BRI Kanwil Malang. UMKM tersebut terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan.

Untuk mengikuti Gernas BBI, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain adalah pelaku UMKM tersebut memiliki produk buatan sendiri, dan bukan reseller. Selain itu, usaha tersebut masih berjalan hingga saat ini.

Kemudian, UMKM tersebut merupakan binaan dari salah satu Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag), dan Dinas Koperasi setempat, serta memiliki legalitas usaha yang lengkap.

Selain binaan BRI, pelaku UMKM yang terlibat juga binaan Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, serta Rumah BUMN, dan lainnya.

Gernas BBI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional di masa pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona. Gernas BBI, bertujuan untuk menjaga keberlangsungan usaha, dan pemasaran UMKM.

Hal itu dilakukan dengan melakukan transformasi pemasaran menggunakan platform transaksi digital, agar produk UMKM lokal bisa dikenal pasar lebih luas. Selain itu, mendorong konsumen Indonesia untuk membeli produk lokal, dan bangga menggunakan produk dalam negeri. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AntaraMakna Zaezar

Menhub: Industri Penerbangan akan Pulih Maksimal 2023

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:53 WIB
Optimisme tersebut sedianya bertentangan dengan prediksi International Civil Aviation Organization yang menyebut sektor aviasi Indonesia...
Dok. API

IIGCE 2022 Akan Dorong Pemanfaatan Panas Bumi Sebagai Alternatif Energi Terbarukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 23:25 WIB
Salah satu energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan di Indonesia ialah panas bumi, baik sebagai base load sustainable yang bisa berproduksi...
Dok. kemenkominfo

Bahas Rancangan Paket Bali, Menkominfo Harapkan Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Global

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:58 WIB
Johnny berharap pembahasan Rancangan Deklarasi Menteri Digital atau Paket Bali menjadi salah satu tonggak dan hasil nyata dalam pemulihan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya