Kamis 05 Agustus 2021, 21:15 WIB

Teten Sebut Kondisi UMKM Sudah Hampir Normal

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Teten Sebut Kondisi UMKM Sudah Hampir Normal

dok.kementerian koperasi dan UKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masudki mengatakan kondisi sektor UMKM saat ini sudah hampir normal seperti saat sebelum pandemi dilihat dari berbagai indikator.

"Dari lead indikator, penyerapan kredit perbankan untuk UMKM per Mei 2021 sudah Rp1.024 triliun, ini dari Rp5.576 triliun atau sebesar 20 persen. Artinya kalau penyerapan pembiayaan perbankan sudah 20 persen ini hampir normal sebelum pandemi," kata Teten Masduki dalam konferensi pers daring tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan II 2021 yang dipantau di Jakarta, Kamis (5/8).

Teten Masduki juga menunjukkan adanya indikasi pemulihan sektor UMKM dari survei yang dilakukan pada kuartal II 2021 yang menunjukkan 85 persen UMKM sudah kembali beroperasi secara normal. Selain itu sebanyak 26 persen UMKM yang sebelumnya berhenti karena pandemi kini sudah beroperasi kembali. "Saya kira dari dua data ini menunjukkan pemulihan ekonomi," kata Teten Masduki.

Dia juga menjelaskan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM pada triwulan II 2021 juga sudah terserap 58,09 persen dari total Rp253 triliun dana yang dianggarkan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Indonesia berhasil tumbuh positif mencapai 7,07 persen (yoy) pada triwulan II-2021 setelah sebelumnya berada di level negatif selama tiga kuartal berturut-turut.

Sebelumnya perekonomian Indonesia pada triwulan I-2021 mengalami kontraksi yaitu minus 0,74 persen sehingga secara kuartal (qtq) ekonomi naik sebesar 3,31 persen pada triwulan II-2021.

Pencatatan di zona positif ini merupakan yang pertama kalinya sejak ekonomi Indonesia terkontraksi pada triwulan II-2020 yakni mencapai 5,32 persen. Ekonomi terkontraksi hingga 5,32 persen sebagai akibat dari berbagai kebijakan pemerintah di awal pandemi COVID-19 yang salah satunya berupa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (Ant/OL-12)

Baca Juga

thinkstock

Menko Marves dan Menkes ke AS Jajaki Peluang Investasi Obat Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:26 WIB
Menko Luhut menjelaskan dirinya dan Menkes Budi Sadikin akan melakukan pertemuan dengan Merck mengenai obat...
MI/Palce Amalo

Mentan Minta Karantina Perketat Produk Pertanian Yang Masuk ke Indonesia

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:16 WIB
MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong Badan Karantina Pertanian untuk memperketat setiap produk pangan dan makanan yang...
Ist/KKP

KKP dan Kemendag Perketat Pengawasan Impor Ikan dan Garam

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 19:04 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kemendag akan memperketat pengawasan impor produk hasil perikanan dan komoditas pergaraman agar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya