Rabu 28 Juli 2021, 14:24 WIB

Jangan Cuma Punya Akun, UMKM Harus Segera Bertransaksi di Pasar Daring 

Iis Zatnika | Ekonomi
Jangan Cuma Punya Akun, UMKM Harus Segera Bertransaksi di Pasar Daring 

Ist/Kemenkomifo
Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna.

 

UMKM didorong untuk memperluas sasaran pasarnya dengan mengintensifkan pemasaran lewat daring. Mereka diminta untuk bukan cuma memiliki akun di pasar daring, namun juga segera melakukan kegiatan transaksi, memanfaatkan momentum pandemi yang memaksa warga mengurangi mobilitas dan interaksi fisik. 

Dukungan pada UKM itu diselenggarakan Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Teknologi Informatika, Kementerian Kominfo dengan menggelar Pelatihan dan Pendampingan Active Selling bagi 26.000 UMKM di 10 daerah yang bergerak di sektor produksi dan pengolahan. Kegiatan diselenggarakan mulai Juli 2021 dan resmi dibuka pada Senin (26/7) secara virtual.

“Agar UMKM mampu menopang perekonomian di kala pandemi, bisnis mereka harus pararel antara daring dan luring. UMKM harus memiliki bekal untuk menyongsong derasnya perkembangan digital. Aplikasi pasar daring menjadi perangkat utama juga aplikasi-aplikasi pendukung lainnya untuk membuat proses bisnis lebih efektif dan efisien. Misalnya, media sosial sebagai sarana promosi, agregtor untuk memonitor toko dalam satu aplikasi, kasir dan pembukuan untuk memudahkan pencatatan,” kata Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna.

I Nyoman menegaskan, agar toko daring menghasilkan laba yang besar, UMKM wajib mengoptimalkan berbagai aplikasi pendukung lainnya. Turut hadir dalam acara ini di antaranya adalah Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianti Dardak, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Bupati Probolingo Puput Tantriana Sari, serta Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Koordinator Adopsi Teknologi Digital UMKM Kementerian Kominfo Sumarno menyatakan tujuan utama kegiatan ini adalah peningkatan pendapatan UMKM. Kegiatan pelatihan ini juga dibarengi dengan survei terhadap 37.000 UMKM untuk menghimpun kondisi terkini dan harapan para UMKM sebagai pijakan kebijakan mendatang. (Zat/OL-09)

Baca Juga

Dok MPR

Wakil Ketua MPR Soroti Keberpihakan saat Terima Audiensi Dewan UKM Indonesia

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 29 September 2021, 00:49 WIB
UMKM akan mampu berdaya saing jika diberikan fasilitasi yang sistematis dan berkelanjutan dari pemangku...
Ist

Percepat Industrialisasi, Petani Bawang Merah Probolinggo Siap Berkorporasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 21:56 WIB
Korporasi dapat melakukan percepatan peningkatan produksi dan ekspor pangan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat...
Antara/Destyan Sujarwoko

Ada Ancaman Pidana bagi Warga yang Makan Ikan Hiu Mati Terdampar 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 September 2021, 21:35 WIB
Biota laut yang ditemukan mati pada Minggu (26/9) diperkirakan memiliki ukuran panjang 4-6 meter dengan bobot mencapai 1,5-2 ton didapati...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya