Kamis 22 Juli 2021, 11:42 WIB

KM Umsini Mampu Tampung 804 Pasien Covid-19 dan 80 Nakes

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KM Umsini Mampu Tampung 804 Pasien Covid-19 dan 80 Nakes

ANTARA FOTO/Arnas Padda
KM Umsini untuk isoman pasien covid-19

 

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) mempersiapkan Kapal Motor Umsini sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) apung pertama bagi pasien covid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan. Kapal ini disediakan karena adanya lonjakan kasus covid-19 di kota tersebut.

KM Umsini dikatakan memiliki daya tampung untuk 804 pasien dan 60 tenaga kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Makassar.

"Dengan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak dalam mempersiapkan KM Umsini sebagai lokasi isolasi apung sesuai standar kesehatan yang berlaku," kata Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing dalam keterangan yang dikutip Kamis (22/7).

Insan mengatakan, penyediaan kapal ini atas dukungan Kementerian Perhubungan dan kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar, KM Umsini kini tengah berhenti beroperasi untuk sementara waktu (portstay) dan dialihkan sebagai tempat menampung pasien isoman.

Selama digunakan sebagai lokasi isolasi apung, kapal akan berlabuh di sekitar Pulau Lae Lae. Insan menambahkan kru kapal yang bertugas di atas kapal juga akan diganti (rolling) setiap dua minggu sekali.

Baca juga: Kemenhub Sediakan Kapal Pelni Sebagai Tempat Isoman di Makassar

Selama kegiatan isolasi di atas kapal berlangsung, Pelni akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat tidur, poliklinik, dan jogging track. Akses menuju top deck pun akan diberikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pasien sebagai area terbuka untuk berjemur dan berolahraga.

"Melalui fasilitas yang tersedia, diharapkan pasien merasa nyaman selama menjalankan masa isolasi mandiri di atas kapal sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan serta peningkatkan imun pada pasien covid-19," ucap Insan.

KM Umsini dilaporkan berada di Pelabuhan Makassar sejak Rabu (14/7) dan kini telah memasuki tahap persiapan. Deck ekonomi yang akan dipergunakan sebagai tempat tidur pasien juga telah dipasang sekat antar bed.

"Pemerintah Kota Makassar saat ini masih mempersiapkan kesiapan tenaga medis serta fasilitas penunjang lainnya untuk dimuat di atas kapal termasuk alat hepafilter," terang Insan.

KM Umsini merupakan salah satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT Pelni dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayarannya. Kapal berkapasitas 2000 pax ini memiliki rute reguler Kijang - Tanjuk Priok - Surabaya - Makassar - Maumere - Larantuka - Lewoleba - Kupang (PP). Selama masa PPKM Darurat berlangsung, KM Umsini termasuk salah satu kapal yang melakukan portstay akibat dari penutupan sejumlah wilayah.(OL-5)

Baca Juga

Dok.Maybank

Maybank Indonesia Catat Laba Sebelum Pajak Rp762 Miliar di Semester Pertama 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:58 WIB
PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. mengumumkan Laporan Keuangan Konsolidasian pada semester pertama yang berakhir 30 Juni 2021 dengan...
Antara

Ekonom: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal 3 Makin Terpangkas akibat Perpanjangan PPKM

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:49 WIB
"Tapi kalau tidak terlalu lama perpanjangannya, pertumbuhan ekonomi diyakini masih akan positif," jelas...
Ist/Kementan

Pembenah Tanah Organik Tingkatkan Produktivitas Sayuran Daun

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:40 WIB
Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa bimbingan teknis hortikultura bertujuan untuk mendukung upaya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya