Sabtu 19 Juni 2021, 12:05 WIB

Pemerataan Akses Internet jadi Kunci Kemajuan Ekonomi Nasional

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pemerataan Akses Internet jadi Kunci Kemajuan Ekonomi Nasional

MI/Dwi Apriani
APJII Dukung Percepatan Akses internet

 

PENYEDIAAN  akses internet yang merata, pelayanan publik berbasis internet yang berkualitas, dan meningkatkan literasi digital nasional, menjadi misi utama yang harus terus diperjuangkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 

Hal ini mengemuka dalam 'Internet Talk', yang digelar calon ketua umum APJII periode 2021-2024, Parlin Pasaribu, di Jakarta , Jumat (18/6/201) 

“Internet Talk ini diselenggarakan untuk mendiskusikan aneka gagasan dalam mendukung upaya pemerintah mempercepat penyediaan akses internet, agar dapat menjangkau dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Parlin, yang berpengalaman belasan tahun di bidang Information Communication Technology ini. 

Parlin meyakini, akses terhadap informasi dan komunikasi yang merata di seluruh Indonesia, akan berkontribusi penting pada kemajuan ekonomi di tanah air. 

Demi mencapai tujuan itu, Parlin mendorong anggota APJII yang mayoritas berbasis di DKI Jakarta, menjalin kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah dan anggota APJII di daerah, untuk mempercepat penyediaan akses internet dalam rangka transformasi digital nasional. 

“Anggota APJII harus memperkuat kerjasama dengan pemerintah untuk menghadirkan pelayanan publik berbasis internet yang berkualitas, dan meningkatkan literasi digital nasional,” ajak Parlin. 

Tidak kalah penting, meningkatkan kemampuan manajemen risiko terhadap potensi cybercrime yang makin marak seiring pesatnya perkembangan teknologi digital. 

“Anggota APJII perlu meningkatkan awareness terhadap cybercrime dan melakukan manajemen risiko, untuk mengantisipasi dampak merugikan dari cybercrime,” pungkasnya. 

Parlin menegaskan, agenda kerja utama inilah yang akan ia wujudkan jika kelak mendapat kepercayaan memimpin APJII, lewat Musyawarah Nasional XI yang akan berlangsung di Bali 28 Juni - 30 Juni, dilanjutkan dengan Rapat Khusus Unit IDNIC APJII tanggal 1 Juli 2021 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali. (RO/E-1)

Baca Juga

ilustrasi

Peningkatan Literasi Keuangan Dorong Industri Fntech yang Sehat

👤Mediaindoensia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 02:00 WIB
Menurut dia, tanpa peningkatan literasi keuangan berpotensi memicu terjadinya gagal bayar atau kredit bermasalah yang dapat merugikan...
Dok. Diamondland

Diamondland Garap Hunian Berkonsep Villa di Tengah Kota Lewat Apple 5 Condovilla

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 01:52 WIB
Proyek Apple 5 Condovilla ini sangat mendukung thesis kemajuan ekonomi Indonesia, dengan mempersiapkan hunian apartemen terbaik dikelasnya...
Dok.Pri

Perusahaan Otomotif India di Tanah Air Sumbang 50 Konsentrator Oksigen

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 22:08 WIB
Seperti diketahui, ketika India mengalami lonjakan kedua kasus Covid-19, pemerintah Indonesia sebagai negara sahabat mengirimkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya