Rabu 16 Juni 2021, 23:53 WIB

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis

Dok Xendit
Ilustrasi

 

Ada banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal. Banyak pelaku UMKM yang memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas. Mereka berharap seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, nantinya mereka bisa merekrut karyawan profesional, serta membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik, untuk bisa semakin memajukan bisnisnya.

Tapi di era modern ini, ada banyak jalan untuk bisa sukses tanpa modal besar. Dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga. Sebagai contoh, Xendit sebagai perusahaan payment gateway terkemuka di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan Program Xendit Level Up, dimana para pelaku UMKM dapat mendaftar dan berkesempatan untuk menggunakan layanan payment gateway selama setahun tanpa harus membayar biaya.

Nah, untuk yang belum tahu, payment gateway atau gerbang pembayaran berfungsi sebagai “jembatan” yang memfasilitasi dan memproses berbagai metode pembayaran digital, mulai dari Virtual Account, kartu kredit/debit, dompet digital, sampai outlet ritel. Dengan payment gateway, kini pembelimu bisa memilih metode pembayaran favorit mereka!

Ingin tahu lebih jauh? Simak di sini beberapa tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan usaha.

1. Manfaatkan software gratis yang tersedia secara cuma-cuma
Ada pepatah yang mengatakan “tidak ada yang gratis di dunia ini”. Tapi sebenarnya, ada banyak software gratis yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan bisnis, mulai dari software untuk mengurus keuangan, sumber daya manusia, digital workspace, pemasaran media sosial, hingga manajemen proyek. Beberapa contohnya:
A. Canva.co untuk desain grafis
B. BukuKas untuk catatan keuangan
C. Trello untuk manajemen proyek
D. Hootsuite untuk manajemen media sosial

Manfaatkan fitur-fitur gratis ini semaksimal mungkin sehingga kamu tidak perlu menghabiskan banyak dana untuk berlangganan software berbayar. Kalau ada yang gratis kenapa bayar?

2. Bergabunglah dengan kelas gratis dan dapatkan kesempatan pendanaan
Seiring dengan semakin maraknya acara virtual, kini sudah sangat banyak webinar yang dapat kamu ikuti tanpa biaya, terutama untuk mendapatkan insight praktis yang dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. UKMIndonesia.id, sebuah situs web khusus UMKM oleh Universitas Indonesia, mengumpulkan semua program dan kesempatan pendanaan yang dapat diikuti, sebagian besar tanpa perlu bayar sama sekali.

Sebagai contoh, jika kamu baru saja membeli mesin atau peralatan untuk mendukung operasi bisnis sejak Agustus 2020, kamu berhak untuk mendapatkan penggantian biaya dari Kementerian Perdagangan. Atau mungkin kamu membutuhkan desain kemasan baru yang menarik? Kamu bisa mendapatkan konsultasi dan desain gratis dari Klinik Desain Merek Kemas. Semua tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun! Kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas, webinar, atau acara gratis dari Xendit payment gateway, hanya dengan mengikuti akun Instagram atau Facebook untuk mendapatkan informasi terbaru.

3. Jangan ragu untuk mengikuti kompetisi bisnis
Kompetisi bisnis bisa menjadi peluang baik untuk menambah modal usaha, baik secara material maupun non-material. Kamu bisa mendapatkan eksposur dan koneksi, serta berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama.

Misalnya saja, untuk mengikuti Program Xendit Level Up yang dibuka hingga 30 Juni 2021, pelaku UMKM hanya perlu mengunggah video berdurasi 3 menit yang menjelaskan bisnis mereka dan alasan mengapa mereka membutuhkan program bebas biaya dari Xendit. Hanya dengan mengunggah video, kamu memiliki peluang besar untuk memenangkan kompetisi ini. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah ada untuk menjelaskan bisnismu, atau membuat video baru sederhana hanya dengan menggunakan handphone.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memanfaatkan tools dan program gratis untuk mengembangkan bisnismu? Yuk mulai dengan berpartisipasi dalam Program Xendit Level Up dan dapatkan kesempatan untuk memenangkan layanan bebas biaya payment gateway senilai 1 miliar rupiah! (OL-12)

Baca Juga

Dok.Risland Indonesia

Apartemen Masih Banjir Peminat, Risland Indonesia Buat Tower Baru di Sky House BSD+

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 00:21 WIB
“Melihat tingginya permintaan pasar terhadap hunian apartemen, kami memutuskan untuk mulai membuka pemasaran Tower Kensington ini...
Dok. WOM Finance

Investasi Logam Mulia Masih Diminati, WOM Finance Luncurkan MasKU

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 23:48 WIB
Hadirnya produk MasKu diharapkan dapat menjadi solusi dalam memudahkan masyarakat untuk memiliki logam mulia yang...
MI/Ramdani

PLN Sebut EBT Mencapai 13 Persen Per Juni 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 23:15 WIB
PLN akan terus berupaya memenuhi target bauran tersebut melalui pengembangan beberapa jenis pembangkit energi bersih, di antaranya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya