Rabu 19 Mei 2021, 17:27 WIB

Kemendag: Stabilitas Harga Juga Bantu Pemulihan Ekonomi

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Kemendag: Stabilitas Harga Juga Bantu Pemulihan Ekonomi

Antara
Kepadatan pengendara dan pembeli di kawasan Pasar Kebon Kembang, Bogor.

 

KONDISI perekonomian Indonesia dinilai mulai mengalami perbaikan. Salah satu kunci utama pemulihan dan ketahanan ekonomi terletak pada keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan kasus covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi.

“Dan dalam hal pemulihan ekonomi secara menyeluruh, Kementerian Perdagangan memfokuskan upaya menyediakan bahan makanan pokok dengan harga stabil. Lalu, mendampingi UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya,” ujar Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan dalam diskusi virtual, Rabu (19/5).

Baca juga: Kemendag Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM di In Store Promotion

Oke menyebut konsumsi masyarakat di dalam negeri terpantau mengalami peningkatan. Kajian Markplus juga menunjukkan beberapa kategori produk digital, fesyen, kecantikan, makanan dan minuman, serta perlengkapan rumah tangga, banyak mengalami peningkatan.

Melihat sejumlah indikator ekonomi, berbagai lembaga keuangan, seperti IMF, memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 4,5-5% pada tahun ini. Selain pengendalian covid-19, faktor pendukung yang mendorong perekonomian Indonesia menuju positif ialah konsumsi, produktivitas industri dan kinerja ekspor-impor.

Selain pemerintah, IPSOS Indonesia juga melakukan survei di enam negara ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. “Menariknya, dua kali survei menunjukkan bahwa konsumen Indonesia paling optimis akan pemulihan ekonomi dalam enam bulan ke depan,” ujar Managing Director IPSOS Soeprapto Tan.

Baca juga: Pemerintah Targetkan 2,5 Juta Usaha Mikro Naik Kelas

Pada survei pertama periode September 2020, optimisme konsumen Indonesia menunjukkan angka 75% dan survei kedua pada Februari 2021 menunjukkan angka optimisme hingga 76%. Optimisme konsumen di Indonesia juga dipengaruhi upaya pemerintah dalam mengucurkan stimulus ekonomi selama pandemi.

“Saya kira program stimulus dan bantuan tunai yang dilakukan pemerintah, ditambah program vaksinasi, sangat berpengaruh dalam optimisme konsumen Indonesia,” jelas Soeprapto.(OL-11)
 

 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Pengamat: Indonesia Butuh Enterpreuner Seperti Marimutu Sinivasan

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:45 WIB
TERLEPAS dari polemik hutang Sinivasan kepada negara, sesungguhnya Sinivasan adalah sosok enterpreuner yang sangat dibutuhkan oleh...
DOK MI

Wamendag: Pasar Rakyat, Penggerak Roda Perekonomian Rakyat

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:35 WIB
tiga tugas utama Kementerian Perdagangan terkait ketahanan pangan, keseimbangan neraca perdagangan, dan pembangunan/revitalisasi pasar...
Dok. PT Taspen

Erick Rombak Susunan Direksi PT Taspen 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
Sementara itu, Rena Latsmi Puri sebagai Direktur Keuangan menggantikan Patar Sitanggang, Ariyandi sebagai Direktur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya