Rabu 31 Maret 2021, 08:36 WIB

Dorong Potensi Parekraf, Sandiaga Singgung Wisata Religi di Gresik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Dorong Potensi Parekraf, Sandiaga Singgung Wisata Religi di Gresik

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menparekraf Sandiaga S Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemerintah daerah di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk menggali potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) unggulan daerah.

Dia menjelaskan Gresik merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal sebagai kota religius dan dijuluki sebagai ‘Kota Wali’ karena terdapat dua makam tokoh Wali Songo dan makam wali-wali penyebar ajaran agama Islam lainnya.

“Dalam kaitannya dengan pariwisata, Kabupaten Gresik harus bisa menggali dan memanfaatkan potensi atau karakter daerahnya. Untuk wisata religi, Gresik memiliki dua makam wali, yaitu makam Sunan Giri dan Makam Maulana Malik Ibrahim dan keduanya saya sudah pernah kunjungi," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (30/3).

Baca juga: Sandiaga Uno Janji Bantu Kembangkan Destinasi Wisata di Gresik

Pihaknya menyebut, sebaran pelaku usaha pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Timur mencapai sebanyak 4.428 pelaku usaha dan 35,8% di antaranya bergerak pada usaha kuliner.

“Hal itu, perlu kita tingkatkan ke depan baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Kita juga mendorong creative city network di Gresik," ucap Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong pengembangan desa wisata di daerah tersebut, yang dianggap merupakan bagian penting dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif ke depan.

“Desa wisata ke depan akan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi, desa-desa wisata sebagai salah satu kekuatan pariwisata nasional sehingga dapat membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," pungkas Sandiaga.(OL-5)

Baca Juga

MI/Haryanto Mega

Perlu Transparansi dalam Penetapan Harga Jual Pertalite

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:52 WIB
Penggunaan formula yang tepat akan menghasilkan harga JBBKP yang sesuai dengan...
Ist/Bea Cukai

Sinergi Bea Cukai dan Polri Gagalkan Ekspor 81 Ribu Liter Minyak Goreng

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 11:51 WIB
Kerja sama Bea Cukai dan Bareskrim Mabes Polri, Polda Jawa Timur, dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak menggagalkan ekspor 81.040 liter...
Antara/Iggoy el Fitra.

Program Minyak Goreng Rakyat Manfaatkan Teknologi Digital

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:53 WIB
Kementerian Perdagangan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersinergi dengan pelaku usaha minyak goreng meluncurkan Program Migor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya