Senin 21 Desember 2020, 13:10 WIB

Penyaluran Banpres Produktif ke Bali, NTB, dan NTT Lampaui Rp500 M

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penyaluran Banpres Produktif ke Bali, NTB, dan NTT Lampaui Rp500 M

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
PROGRAM BANPRES UNTUK USAHA MIKRO: Warga mengisi formulir untuk mengurus program Bantuan Presiden (Banpres) di Banyuwangi, Jawa Timur.

 

KEMENTERIAN Koperasi dan UKM melaporkan telah menyalurkan dana Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) ke Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT), masing-masing di atas 500 milar.

"Khusus di Bali, Banpres Produktif Usaha Mikro penyalurannya mencapai Rp520 miliar dengan sasaran 216 ribu lebih pelaku usaha," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam webinar Pencegahan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional di Bali, NTB dan dan NTT, Senin (21/12).

Lalu, untuk di NTB, Kemenkop UKM telah menyalurkan Banpres sebesar Rp1 triliun lebih dengan sasaran 440 ribu lebih pelaku UMKM. Di NTT, pemerintah telah menyerahkan Banpres Produktif senilai Rp768 miliar lebih dengan sasaran pelaku usaha mikro sebanyak 320 ribu lebih.

Teten juga menjelaskan, Kemenkop UKM juga telah menyalurkan anggaran subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari program pemulihan ekonomi yang saat ini sudah terealisasi 57,29%, atau baru disalurkan Rp2,85 triliun dari target Rp4,9 triliun.

Untuk di Bali, penyaluran KUR mencapai Rp135 miliar dengan menyasar 191 ribu lebih debitur. Di NTB, Kemenkop UKM telah mengalokasikan Rp49 miliar dengan 92 ribu lebih debitur. Sedangkan, realisasi penyaluran KUR di NTT sebesar Rp34 miliar dengan 72 ribu debitur.

Teten menuturkan, banyak UMKM yang terkena dampak covid-19 secara langsung, baik sisi supply maupun demand. Karena itu dibutuhkan sebuah strategi agar UMKM bisa masuk ke rantai pasok nasional maupun global.

Dari jumlah total UMKM 64 juta, sekitar 22,9% mengalami penurunan penjualan, 20% distribusinya terganggu, 19,3% terkendala modal, dan sekitar 18% mengalami kesulitan pasokan bahan baku. (E-2)

Baca Juga

Dok.CSAP

CSAP Ekspansi, Buka Mitra10 di Pekan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:56 WIB
Ekspansi yang agresif merupakan strategi CSAP untuk meningkatkan pendapatan dan margin keuntungan dan sekaligus untuk menguasai pangsa...
MI/heri susetyo

Insentif PPN Properti dan Otomotif Incar Dana Kelas Menengah Atas

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:25 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan logika dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

PLN Beberkan Sejumlah Masalah dalam Perdagangan Emisi Karbon 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:58 WIB
"Oleh karena itu, ketentuan mengenai mekanisme implementasi cap, trade and tax dibutuhkan sebagai rujukan bagi PLN sebagai persiapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya