Selasa 11 Agustus 2020, 15:26 WIB

Ekonomi Diguncang Pandemi, Industri Mamin Bisa Tumbuh Positif

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Ekonomi Diguncang Pandemi, Industri Mamin Bisa Tumbuh Positif

Antara/Raisan Al Farisi
Konsumen memilih produk makanan dan minuman saat berbelanja di pasar swalayan.

 

KEMENTERIAN Perindustrian menyebut sektor industri makanan dan minuman (mamin) berpotensi tumbuh 3% di tengah pandemi covid-19. Kendati demikian, proyeksi kinerja positif bergantung pada dua hal.

"Pertama, kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan kedua adalah perkembangan pandemi covid-19 yang diharapkan segera menurun,” ujar Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Abdul Rochim, dalam keterangan resmi, Selasa (11/8).

“Apabila kedua hal ini tercapai, kami memproyeksikan industri mamin dapat tumbuh sekitar 3% pada akhir tahun," imbuhnya.

Baca juga: Diskon Tagihan Listrik Juga Menyasar Sektor UMKM

Diketahui, industri mamin salah satu sektor manufaktur yang mampu tumbuh positif pada kuartal II 2020. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan industri mamin tumbuh 0,22% secara tahunan (yoy).

“Pertumbuhan positif sektor industri mamin ini merupakan momentum yang harus terus dijaga. Sehingga dapat konsisten memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional,” pungkas Abdul.

Beberapa komoditas unggulan yang memacu kinerja industri mamin, yaitu produk olahan ikan, mie instan dan kopi. “Selain itu, pertumbuhan sektor mamin juga didukung peningkatan ekspor minyak kelapa sawit mentah dan minyak inti kelapa sawit,” urainya.

Baca juga: Realisasi Dana Pemulihan Ekonomi Baru Rp151,2 Triliun

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, menegaskan industri mamin menjadi salah satu sektor andalan pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional. Itu terlihat dari kontribusi sektor mamin yang signfikan pada Produk Domestik Bruto (PDB) industri nonmigas.

“Industri mamin memiliki demand tinggi ketika pandemi covid-19. Sebab, masyarakat perlu mengonsumsi asupan yang bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh,” kata Agus.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Kornelis Kaha

Truk ODOL Tambah Beban Biaya Pemeliharaan Jalan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:01 WIB
Keberadaan truk over dimension over load (ODOL) juga meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Pemerintah pun menargetkan Indonesia zero...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Penanganan Pandemi & Pemulihan Ekonomi Mulai Menunjukkan Hasil

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:00 WIB
Sinyal positif sudah kita lihat. Laporan per hari ini, kasus aktif covid-19 di Indonesia lebih rendah dari rata-rata...
MI/Susanto

BI: Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 03 Desember 2020, 13:46 WIB
Tekanan nilai tukar rupiah dari dolar AS juga menurun dengan proyeksi indeks dolar AS menjadi 89,4 di 2021 dari sebelumnya 92,4 per...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya