Jumat 24 Juli 2020, 17:23 WIB

Pedagang Kecil Dapat Modal Kerja, Presiden: Tetap Bersyukur

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pedagang Kecil Dapat Modal Kerja, Presiden: Tetap Bersyukur

Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di Istana Negara, Jakarta.

 

PRESIDEN Joko Widodo kembali memberikan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro yang berdomisili di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Bantuan sebesar Rp 2,4 juta diserahkan langsung oleh Kepala Negara kepada setiap penerima manfaat di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (24/7). Jokowi, sapaan akrabnya, meminta pelaku usaha untuk memanfaatkan bantuan modal usaha dengan maksimal.

Di tengah pandemi covid-19, kondisi ekonomi domestik mengalami tekanan. Kebijakan pembatasan sosial dalam beberapa bulan terakhir mengakibatkan berbagai aktivitas produksi dan konsumsi terganggu.

Baca juga: Presiden: Kuartal III, Kunci Selamatkan Ekonomi Nasional

Kendati demikian, Presiden meminta masyarakat tetap bersyukur. Pasalnya, banyak negara yang mengalami gejolak lebih dashyat dibandingkan Indonesia.

"Semua negara, 215 negara itu juga terkena (dampak pandemi). Bahkan banyak yang lebih parah dari kita," pungkas Jokowi.

Dia juga berpesan agar masyarakat terus berjuang di tengah pandemi. Mengingat, data menunjukkan tren perekonomian per Juli mulai merangkak naik.

Baca juga: Porsi Asing dalam SBN Turun, Investor Domestik Malah Naik

"Data yang saya punya, mulai Juni sudah mulai naik. Insyaallah Juli dan Agustus akan lebih naik lagi. Sehingga, kita bisa berada pada posisi normal kembali," imbuhnya.

Pemberian bantuan modal kerja oleh Presiden Jokowi kali ini merupakan yang keempat. Total, pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 28 triliun untuk membantu 12 juta pedagang kecil, termasuk kaki lima, keliling dan rumahan. Setiap pedagang mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp 2,4 juta.(OL-11)

 

 

Baca Juga

MI/ Andri Widyanto

Kemenhub Wacanakan Vaksinasi bagi Pemudik Darat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 01:10 WIB
Menurut catatan Kemenhub, sebanyak 22% atau sekitar 3,6 juta pemudik akan balik pada H+2 lebaran atau tepatnya pada 15...
Antara

Sandiaga akan Buka Perjalanan Bebas Covid-19 Sanur- Gili Trawangan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 11 Mei 2021, 00:30 WIB
Gili Trawangan dianggap sudah masuk zona hijau penularan covid-19 sehingga bisa dihubungkan kawasan wisata zona lainnya seperti yang ada di...
Dok. Bank Syariah Indonesia

Kerja Sama BSI dan Sinarmas Mudahkan Milenial Miliki Hunian

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 10 Mei 2021, 23:16 WIB
BSI dan Sinarmas Land bertekad mendorong pertumbuhan sektor properti melalui berbagai kemudahan yang dihadirkan bagi masyarakat dalam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya