Selasa 16 Juni 2020, 23:07 WIB

Kemenaker Wajibkan Perusahaan Atur Jam Kerja New Normal

Putra Ananda | Ekonomi
Kemenaker Wajibkan Perusahaan Atur Jam Kerja New Normal

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta perusahaan agar menyusun perencanaan pola kerja dan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Hal itu dilakukan untuk mengurai penumpukan orang ketika beraktivitas.

Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindharno meminta seluruh perusahaan agar menyusun rencana kerja yang fleksibel sesuai dengan kondisi proses produksinya masing-masing. Termasuk imbauan agar perusahaan menyesuaikan jam kerja dalam situasi yang belum stabil ini.

"Setiap perusahaan agar mengatur pola kerja dengan mengelompokkan pekerja/buruh untuk mengurangi resiko penumpukan orang pada saat berangkat dan pulang kerja. Pilihan penggunaan moda transportasi umum di stasiun, terminal, dan selter/halte oleh para pekerja/buruhnya turut pula menjadi pertimbangan," kata Soes melalui keterangan tertulisnya, Selasa (16/6).

Selain itu Kemenaker juga meminta agar perusahaan bersama-sama dengan pekerja wajib untuk tetap melakukan dialog sosial yang intensif dan menjaga hubungan industrial selama proses adaptasi lingkungan kerja terhadap kebiasaan baru.

"Seluruh perusahaan agar segera mengidentifikasi tiap-tiap unit/bagian kerja berdasarkan tingkat kepentingannya dalam proses produksi barang/jasa di tempatnya masing-masing," ujar Soes.

Soes menambahkan dalam menerapkan perencanaan pola kerja dan protokol pencegahan penularan covid-19, perusahaan agar berpedoman pada Surat Edaran (SE) Menaker Nomor M/7/AS.02.02/V/2020 tentang rencana keberlangsungan usaha dalam menghadapi pandemi korona.

Pedoman lainnya, protokol pencegahan penularan Covid-19 di Perusahaan dan SE Ketua Pelaksana Gugus Tugas Nomor 8/2020 dan Peraturan Pemerintah Daerah yang akan dikeluarkan untuk menindaklanjuti SE tersebut. (OL-8).

 

Baca Juga

Ist/DPR

RI Kalah Gugatan Larangan Ekspor Nikel, DPR: Lakukan Upaya Hukum Maksimal

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:22 WIB
Indonesia kalah di World Trade Organization (WTO) atas gugatan larangan ekspor nikel. Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah...
Ist

Perhutani Kembali Raih Penghargaan SNI Award 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 11:06 WIB
Perum Perhutani kembali meraih penghargaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Award tahun 2022 dengan meraih  peringkat...
Ist

SPBE Wujudkan Pemerintahan yang Adaptif, Kolaboratif, dan Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 10:04 WIB
Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemerintah Indonesia tengah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya