Minggu 12 April 2020, 11:17 WIB

Kendati Ada Pandemi, Produksi Padi Petani Banyuasin Berlimpah

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kendati Ada Pandemi, Produksi Padi Petani Banyuasin Berlimpah

Istimewa/Kementan
Petani di beberapa provinsi tengah menikmati panen raya padi.

 

PUNCAK panen raya padi mulai terlihat di beberapa daerah di Indonesia sedangkan sebagian daerah lagi baru mulai menggelar panen. Di tengah pandemi Covid - 19, petani Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) masih sangat sibuk melakukan panen raya padi yang hasil produksinya berlimpah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura (TPPH) Banyuasin, Zainuddin, menerangkan bahwa panen raya padi akan berlangsung hingga bulan Mei 2020.  "Produksi beras dari petani di Banyuasin mengalami surplus yang cukup tinggi dari kebutuhan masyarakat Banyuasin yang berjumlah 844.019 jiwa," terang Zainuddin pada Sabtu (11/04).

Saat ini, di beberapa desa di Banyuasin juga dilakukan panen raya padi rawa pasang surut. Salah satunya Desa Teluk Tenggulang, Kecamatan Tinggal Ilir, Kabupaten Banyuasin, dengan luas tanam 578 hektare (ha) dengan produksi 511 ton gabah kering panen (GKP) dan provitasnya mencapai 5,2 ton per hektare.

"Adanya program Optimasi Lahan (Oplah) Serasi (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani) sangat berdampak pada panen padi contohnya di Desa Teluk Tenggulang ini provitas panen meningkat dari 4,3 menjadi 5,2 ton GKP/ha," kata Zainuddin.

Selain itu, Zainuddin juga mengatakan bahwa panen padi rawa pasang surut juga sedang berlangsung di Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Muara, Sugihan Kabupaten Banyuasin, dengan luas tanam 999,5 ha, produksi 5.170 Ton GKP serta provitas mencapai 5,5 ton per hektare. Hingga kini luas tanam yang sudah dipanen ada sekitar 940 ha.

"Desa ini juga provitasnya meningkat dari 4,8 menjadi sampai dengan 6 ton gabah kering panen perhektar dengan rata- rata 5,5 ton. Dan saat ini di desa Sumber Mulyo ini kita sudah tanam IP200 seluas 200 hektare dengan perkiraan panen pada akhir bulan Juli 2020," terangnya.

Ia menambahkan bahwa total kebutuhan beras masyarakat Banyuasin hanya 96.724 ton per tahun atau sekitar 8.070 Ton per bulan. Dan hingga bulan Mei mendatang diperkirakan akan panen lebih kurang seluas 148.400 ha. "Petani tetap panen raya meskipun ditekan masalah wabah virus Covid -19 ini," beber Zainuddin.

"Jadi hingga akhir tahun ini, produksi gabah ataupun beras di Banyuasin tetap mengalami surplus yang cukup signifikan,” tambahnya.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi, mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam mencapai target produksi padi, Kementan melaksanakan target tanam pada Maret 2020 hingga paling lambat September 2020. Guna mencapai target ini, yang dapat dilakukan yakni dengan pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembiayaan produksi dan pengolahan padi.

Lebih lanjut Suwandi mengatakan bahwa sesuai arahan Mentan SYL produksi pertanian harus terus dipacu dalam kondisi apapun dengan tetap menjaga kondisi kesehatan khususnya para petani.

“Pertanian menjadi garda terdepan untuk mempertahankan ekonomi negara ini, walaupun aktivitas kita terbatas namun kami tetap memantau secara penuh dan melakukan upaya apapun untuk menjamin ketersediaan pangan,” pungkas Suwandi. (OL-09)

Baca Juga

Ist/Kementan

HUT ke-77 RI, Mentan SYL Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Menurut SYL, kerja keras mereka terbukti jadi pemicu utama tingginya produktivitas sehingga Indonesia mampu mencapai swasembada di tiga...
Ist/PT KAI

KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat dengan Semangat Melayani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:32 WIB
Kereta api sudah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perkembangan bangsa bahkan sejak sebelum masa...
dok.ist

Pangdam XIV: TNI Jamin Stabilitas Keamanan Obvitnas dan PSN Smelter Nikel CNI Group

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 09:25 WIB
SETIAP ada Obvitnas dan PSN, secara tidak langsung itu merupakan tugas TNI untuk menjamin stabilitas keamanannya, demi kemaslahatan orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya