Kamis 26 September 2019, 21:34 WIB

BPJS TK Serahkan Santunan Rp 67,8 Juta kepada Atlet Balap Sepeda

mediaindonesia.com | Ekonomi
BPJS TK Serahkan Santunan Rp 67,8 Juta kepada Atlet Balap Sepeda

Istimewa/BPJS TK
Wakil BPJS TK dr. Merry Triwisatawati (ketiga dari kanan) menyerahkan santunan kepada ahli waris dari M Taufiq.

 

BPJS Ketenagakerjaan (TK) menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) senilai Rp 67.800.000 kepada almarhum Muhammad Taufiq, atlet balap sepeda nasional, di Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa (24/9).

Pembalap sepeda nasional Muhammad Taufiq, 32, mengalami kecelakaan saat berlatih di Jl Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur pada 30 Agustus 2019. Pembalap yang tergabung dengan klub Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC) berpulang pada Kamis, 5 September jam 01.30 dini hari.

M Taufiq dikenal sebagai salah satu atlet andalan dengan sejumlah gelar juara ajang balap sepeda nasional, Pembalap dari PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia). Ia pernah meraih gelar juara di antaranya  juara pertama etape kedua Tour de Indonesia Bandung-Cirebon 2010 dan juara pertama Banyuwangi Mountain Bike 2019.

Muhammad Taufik yang dikenal juga sebagai atlet triathlon nasional itu terdaftar sebagai peserta Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger sejak Februari 2019 dengan iuran Rp.16.800 per bulan. Selain mendapatkan santunan JKK, almarhum juga mendapatkan manfaat layanan tambahan lainnya berupa bea siswa sebesar Rp 12 Juta bagi anaknya yang masih sekolah.

Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah DKI Jakarta, dr Merry Triwisatawati, yang mewakili Achmad Hafiz, Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta Menyerahkan secara langsung santunan JKK kepada Zuraida Arlisa, selaku ahli waris/istri dari almarhum Muhammad Taufiq di rumahnya Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Selasa (24/9) sore.

Dokter Merry menyebutkan santunan tersebut merupakan bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya atau universal coverage termasuk memberikan perlindungan kepada para atlet nasional ini.

"Atlet itu memiliki risiko, seperti kecelakaan kerja, baik itu selama berlatih, maupun dalam perlombaan,” lanjut Merry.

"Dengan menjadi peserta program BPJS TK, seluruh atlet nasional kita akan merasa aman saat melakukan latihan dan pertandingan, karena sudah terlindungi dan dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan,” terang Merry.

Wakil Ketua Umum PB ISSI Mohamad Beni Subagya mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan atas kerja samanya. Dia berharap kerja sama tersebut ke depan bisa tetap berlanjut dan berkesinambungan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Kantir Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Ceger, Dani Santoso, mengatakan, PB ISSI menjadi salah satu role model perlindungan risiko terhadap seluruh personelnya, mulai dari pengurus, atlet hingga pelatih.

”Kami berupaya akan melindungi seluruh klub dan cabang olahraga dengan program BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya. Pihaknya juga menggandeng Kemenpora untuk mempercepat perluasan perlindungan di kalangan pekerja olahraga dan organisasi kepemudaan.

Sekedar informasi jumlah santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang sudah dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kanwil DKI Jakarta sampai dengan periode Agustus 2019  sebesar Rp.157.920.278.918  dengan jumlah transaksi 8.520.

Dalam penyerahan santunan itu, turut hadir Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Banyuwangi Budi Jatmiko dan Kepala Bidang Medis Anti Doping PB ISSI dr Andhika. (OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Pool

Sri Mulyani Klaim Perekonomian Indonesia Sudah Pulih seperti pra-Covid

👤Mediaindonesia 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:46 WIB
Perekonomian Indonesia berdasarkan besaran PDB kuartal II 2022 mencapai Rp4.919,9 triliun atau tumbuh sebesar 5,44 persen dibandingkan...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Erick: BUMN Motor Pertumbuhan Ekonomi dan Pembuka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:41 WIB
BUMN dinilai tetap menjalankan proyek-proyek pembangunan yang menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi...
Antara/Moch Asim.

Persekutuan Komanditer CV: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Tujuan

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:37 WIB
Persekutuan komanditer merupakan salah satu bentuk badan usaha bukan badan hukum yang dibentuk oleh dua orang atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya