Rabu 04 September 2019, 18:48 WIB

BPJS TK Siapkan Pelatihan Vokasi Bagi Pekerja yang Alami PHK

Rifaldi Putra Irianto | Ekonomi
BPJS TK Siapkan Pelatihan Vokasi Bagi Pekerja yang Alami PHK

MI/RIFALDI PUTRA IRIANTO
Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis.

 

BADAN Penyelenggaran Jaminan Sosial  Ketenagakerjaan (BPJS TK) akan meluncurkan program vokasi bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hal itu diungkapkan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan Barat, di Pontianak, Rabu, (4/9).

"Sekarang kita terus meluncurkan program yang dapat meningkatkan skill dalam berkerja. Kita ada program vokasi, jadi kalau nanti ada yang bekerja di perusahaan kemudian mengalami PHK itu bisa daftar ke kita untuk melakukan program pelatihan serta upskilling dan reskilling," kata Ilyas.

Menurut Ilyas, nantinya para peserta akan melakukan program pelatihan selama satu bulan untuk dapat meningkatkan keterampilan.

"Program vokasi baru mau start di bulan September ini, kita menargetkan 20 ribu pekerja yang mengalami PHK, serta merupakan peserta kita dalam perogram ini. nanti peserta bisa mendaftarkan program vokasi pada tiap cabang (BPJS TK) seluruh indonesia," jelasnya.

Baca juga: Peringati HPN, Direksi BPJS Ketenagakerjaan Layani Pelanggan

Dikatakanya, ada berbagai macam program-program pelatihan yang akan dihadirkan oleh pihaknya.

"Macam-macam pelatihan, pokoknya bagaimana nanti dapat melatih kembali bagaimana mereka mendapatkan keterampilan, " sebutnya.

Kendati demikian, ia menyebutkan ada beberapa persyaratan bagi peserta yang akan diutamakan untuk mendapatkan program tersebut.

"Tapi ini kita utamakan bagi perusahaan yang tertib, serta bagi pekerja yang mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan yang lebih lengkap. Kita kan ada empat program jadi misalkan ada peserta yang ikut dua program dibangdingkan dengan yang ikut tiga program kita akan utamakan peserta yang mengikuti tiga program, " pungkasnya. (A-4)

Baca Juga

Antara

Perekomian di Jawa Paling Terpukul Akibat Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:30 WIB
Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di kota-kota besar Pulau Jawa memengaruhi minat investor menanamkan...
Antara

Sandiaga : Dana Wakaf Dapat Mempertahankan Lapangan Kerja

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:00 WIB
"Dana wakaf ini insyaallah akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan sosial yang lebih luas, apalagi di tengah pandemi...
Antara

Anggaran Kemenhub Dipangkas Rp12,4 T untuk Vaksinasi Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:49 WIB
Seperti diketahui, pemangkasan tersebut terjadi setelah ada instruksi dari Kementrian Keuangan melakukan refocusing anggaran 2021 soal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya