Jumat 10 April 2015, 00:00 WIB

Denso Indonesia Resmi Operasikan Pabrik Ketiga

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Denso Indonesia Resmi Operasikan Pabrik Ketiga

Konsep pabrik--denso.co.id

 
PT Denso Indonesia selesaikan pabrik ke-3 mereka di Indonesia yang berlokasi di Bekasi. Kehadiran pabrik ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan suku cadang otomotif di dalam negeri.

"Saya memberikan apresiasi atas kontribusi PT. Denso Indonesia dalam mendukung kebijakan pemerintah dengan terus mengembangkan dan menambah variasi komponen-komponen otomotif berteknologi tinggi yang diproduksi di dalam negeri," tegas Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam saat meresmikan pabrik baru tersebut di Bekasi, Jumat (10/4).

PT Denso Indonesia sudah beroperasi selama 40 tahun sejak 1975. Pada awalnya, PT Denso Indonesia memproduksi berbagai komponen power train untuk mengisi kebutuhan industri perakit kendaraan bermotor maupun untuk mengisi pasar after sales dalam negeri.

Pabrik baru Denso itu dibangun diatas lahan seluas 200.000 meter persegi dengan menyerap tenaga kerja baru sebanyak 647 orang yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

Dengan diresmikannya pabrik ke-3 di Bekasi, PT. Denso Indonesia telah mampu memproduksi diantaranya produk Variable Camshaft Timing (VCT), Wheel Speed Sensor (WSS), Simplify Integrated Fuel System (SIFS), Meter Cluster, Sonar, Electric Control Unit (ECU), Alternator, Stater Motor dan Spark Plug.

"Melalui pembangunan pabrik ke-3 PT. Denso Indonesia, tentunya akan semakin melengkapi deretan jenis komponen yang diproduksi lokal dalam memperkuat struktur industri otomotif nasional yang ada saat ini," harap Menperin.

Peluang untuk pengembangan industri komponen dalam negeri hingga saat ini cukup menjanjikan, sebab didorong oleh semakin berkembangnya industri perakitan serta meningkatnya kebutuhan komponen dan spare parts untuk layanan purna jual (after sales) akibat semakin meningkatnya tingkat motorisasi dalam negeri maupun di kawasan regional ASEAN.

Pada tahun 2015, penjualan kendaraan bermotor di ASEAN mencapai 3.1 juta unit, dimana Indonesia mengisi pasar dengan jumlah penjualan sebesar 1,3 juta unit kendaraan. “Peningkatan penjualan kendaraan bermotor telah mendorong investor komponen otomotif untuk terus mengembangkan industri komponen dan pendukungnya. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh PT Denso Indonesia, sehingga terus menambah kapasitas serta cakupan jenis komponen yang diproduksi melalui pembangunan pabrik ke-3 di Bekasi,” papar Menperin.

Dalam peresmian tersebut, Menperin juga mengimbau kepada perusahaan multi national produsen otomotif agar terus berinvestasi di Indonesia dan memproduksi produk otomotif global baik kendaraan utuh (CBU) maupun komponen yang berteknologi tinggi untuk mengisi kebutuhan pasar dalam negeri maupun ekspor.

Sementara itu, secara khusus kepada PT Denso Indonesia, pemerintah terus mendukung dan mengharapkan agar PT Denso Indonesia dapat menambah jenis komponen-komponen penting/utama untuk dilokalkan, menerapkan teknologi terkini dalam sistem produksi, mengembangkan sumber daya manusia, serta melakukan riset dan pengembangan teknologi komponen terkini di Indonesia.

“Bahkan PT Denso Indonesia diharapkan juga dapat membawa industri proses bahan baku dari Jepang untuk berinvestasi di Indonesia, sehingga memperkuat struktur industri yang ada serta untuk mendukung tercapainya target penjualan otomotif dalam negeri hingga mencapai 1,7 - 2 juta unit kendaraan pada tahun 2020,” tegas Menperin. (Dro/E-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Erick Janji Terus Fasilitasi Pasokan BBM & Pembiayaan untuk Nelayan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:28 WIB
Menteri BUMN menggaransi pihaknya akan memprioritaskan pembiayaan bagi...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pasca-Insiden, Kilang Balikpapan Pastikan Produksi BBM Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:17 WIB
Pasca-flash di Plant 5 yang merupakan salah satu unit di area Kilang Balikpapan, Pertamina memastikan produksi BBM tetap berjalan sehingga...
Ist

PB HMI Apresiasi Pemerintah dan Polri dalam Tangani Lalu Lintas Lebaran

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:35 WIB
Pemerintah Indonesia memiliki kinerja yang baik dalam penanganan dan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya