Selasa 05 Juni 2018, 20:45 WIB

LMAN segera Kembangkan Aset Negara yang Mangkrak

Erandhi Hutomo Saputra | Ekonomi
LMAN segera Kembangkan Aset Negara yang Mangkrak

Dok. MI

 

SELAIN pendanaan lahan untuk proyek infrastruktur, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) juga mengelola aset-aset negara yang mangkrak untuk dioptimalisasi agar bisa menambah pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Direktur Utama LMAN, Rahayu Puspasari, mengatakan, saat ini terdapat dua aset negara yang akan dikembangkan untuk komersil. Dua aset itu yakni gedung perkantoran milik instansi pemerintah di Jakarta dan rumah dinas di Bandung.

"Kita coba meningkatkan status aset bisa secara fisik maupunegal, pokoknya harus punya nilai tambah. Alhamdulillah 2016 bisa dapat (PNBP) Rp65 miliar, 2017 dapat Rp249 miliar dari hasil optimalisasi aset. Tahun ini target Rp349 miliar," ujar Rahayu saat berkunjung ke Kantor Media Indonesia, Kedoya, Jakarta Barat, Selasa (5/6).

Untuk gedung pemerintahan, lanjut dia, rencananya akan ditingkatkan jumlah lantainya dari 8 lantai menjadi sekitar 20 lantai. Jumlah lantai yang dikembangkan itu nantinya akan disewakan untuk menjadi perkantoran premium.

"Dari kantor pemerintah mau dijadikan premium office, antara kita dengan instansi yang bersangkutan masih dalam pembicaraan, tone sudah positif tapi belum dituangkan dalam perjanjian, kalau sudah perjanjian kita umumkan," tukasnya.

Adapun untuk pengembangan rumah dinas di Bandung, LMAN berencana akan mengubahnya menjadi hotel.

Rahayu menyebut, untuk pengembangan gedung pemerintahan saat ini sudah dalam tahap persiapan terkait penyelesaian dokumen-dokumen. Jika selesai pada tahun ini, diharapkan pekerjaan fisik bisa dimulai tahun depan.

"(Untuk di Bandung) diharapkan 2019 bisa eksekusi, sekarang sudah lakukan proses perizinan dengan calon operator (hotel)," ungkapnya

Rahayu menyebut selain dua aset itu, LMAN telah mengelola beberapa aset yakni untuk properti diantaranya 106 apartemen Puri Casablanca, Ruko Pondok Indah Plaza, Ruko Pinangsia, dan Ruko Bintaro Plaza. Aset properti berupa ruko itu sebagian besar merupakan sitaan kantor bekas bank buku operasi dan buku usaha.

Tidak hanya itu, LMAN juga mengelola aset bekas Pertamina yakni kilang LNG di Arun dan Kilang LNG di Bontang.

"Sekarang kita juga coba menawarkan aset di Panglima Polim, Jakarta, gedung mangkrak kita mau coba di redevelop karena ada 3 lantai dan punya potensi," pungkasnya. (OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Ben Stansall.

Bank Sentral Inggris Berencana Naikkan Suku Bunga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 19:07 WIB
Bank sentral Inggris melihat bahwa pemulihan kian pasti dan solid, sehingga memungkinkan tingkat suku bunga Inggris...
Dok kemenhub

Menhub Pastikan Pembangunan Bandara Siboru Terus Berjalan

👤RO/Micom 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Presiden perintahkan agar pembangunan bandara di Papua dan Papua Barat...
thespruceeats.com

Aceh Selatan Kembangkan Sentra Industri Pala

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 24 September 2021, 18:47 WIB
Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan mengembangkan sentra industri pala yang akan meningkatkan pendapatan petani di kabupaten penghasil pala...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya