Sabtu 19 November 2022, 11:29 WIB

Mengenal Terapi Blue Light untuk Atasi Jerawat

Putri Rosmalia | Weekend
Mengenal Terapi Blue Light untuk Atasi Jerawat

Dok. Medical News Today/Getty Images/puhhha
ilustrasi terapi blue light

 

Berbagai jenis terapi telah tersedia untuk mengatasi jerawat pada wajah dan tubuh. Mulai dari yang tradisional hingga modern. Salah satu cara modern untuk mengatasi masalah jerawat membandel adalah terapi blue light.

Dilansir dari Medical News Today, Sabtu, (19/11), terapi blue light adalah perawatan kulit berjerawat dengan menggunakan cahaya biru. Paparan cahaya tersebut akan membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Terapi tersebut sudah dinyatakan efektif dan aman untuk digunakan oleh American Academy of Dermatology (AAD).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan AAD pada 2009, diketahui terapi blue light disebut dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang telah mencoba berbagai terapi sederhana lainnya untuk mengatasi jerawat. Ketika dilakukan secara rutin dan berkala selama setidaknya enam hingga delapan kali, jerawat tingkat ringan hingga sedang terbukti berkurang secara signifikan, mencapai 64%.

Meski sama-sama menggunakan cahaya, terapi blue light berbeda dengan jenis lainnya seperti photodynamic therapy yang membutuhkan waktu pemulihan lebih panjang. Wajah tak perlu dilindungi dari sinar matahari pasca terapi blue light dilakukan. Aktivitas dapat dilakukan seperti biasa, asalkan tak terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan.

Namun, bagi pemilik kulit wajah sensitif, terapi blue light beresiko membuat kulit lebih kering dan kemerahan. Karena itu, terapi tersebut tak bisa berjalan sendiri. Perawatan dengan memberikan tambahan produk perawatan kulit seperti pelembab, tabir surya, dan serum sebaiknya tetap dilakukan bersamaan dengan terapi blue light.

Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri terapi blue light juga telah banyak tersedia di klinik-klinik kecantikan. Biayanya bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Satu kali terapi umumnya memakan waktu penyinaran selama 15 hingga 30 menit. (M-4)

Baca Juga

Dok. AFP/TIMOTHY A. CLARY//GETTY IMAGES/JULIAN FINNEY

Serena Williams Mengaku Kesepian Akut Selama jadi Atlet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 30 November 2022, 10:56 WIB
Mantan petenis nasional AS, Serena Williams, mengaku merasa kesepian akut selama berkarier sebagai atlet...
unsplash.com/Elsa Donald

Hati-hati, Kebiasaan Menghisap Rokok Elektrik dapat Memicu Gigi Berlubang

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 30 November 2022, 09:15 WIB
Sekitar 9,1 juta orang dewasa di Amerika dan dua juta remaja menggunakan produk vaping berbasis...
A-Sha/Tasting Table

'Crazy Rich Ramen' ini Dibanderol Rp3,1 Juta Seporsi

👤Devi Harahap 🕔Rabu 30 November 2022, 08:51 WIB
Seperti dilansir dari Tasting Table, Ramen termahal di dunia itu dijual dalam satu set yang berisikan 8 porsi mi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya