Rabu 21 September 2022, 11:35 WIB

Ajang Fesyen Keberagaman Digelar Akhir November

Nike Amelia Sari | Weekend
Ajang Fesyen Keberagaman Digelar Akhir November

Antara/ Reno Esnir
Salah satu peragaan busana di Jakarta Fashion Trend 2022 yang digelar Indonesian Fashion Chamber.

 

KEBERAGAMAN budaya di Nusantara telah lama menjadi modal kekhasan fesyen Tanah Air. Hingga kini pun, wastra dari berbagai daerah terus diangkat desainer-desainer Indonesia.

 

Merayakan keberagaman fesyen itu Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan menggelar Spotlight Celebration of Diversity pada tanggal 28 November – 1 Desember 2022 di Ciputra Artpreneur Jakarta. Perhelatan yang akan dicanangkan sebagai agenda tahunan ini ditujukan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat inspirasi dan belanja fesyen dunia melalui produk fesyen yang berbasis wastra Indonesia. Selain itu, hal yang ditonjolkan adalah prinsip keberlanjutan dan gaya modern.

 

National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma, Senin (19/9) menjelaskan diselenggarakannya Spoltlight juga berangkat dari pengalaman penyelenggaraan Front Row Paris 2022 pada 3 – 4 September. Dari presentasi fesyen 16 label Indonesia di Paris, Prancis itu didapatkan jika publik internasional lebih merespon baju dengan wastra Nusantara yang bergaya siap pakai. "Yang disukai baju ready to wear, kemarin ada menampilkan baju malam yang baju evening kayak gitu, yang memang agak kurang. Mereka lebih suka dengan pakaian-pakaian sehari-hari. Mereka pengin pakaian-pakaian yang siap pakai," ujar Ali.

 

Rangkaian acara Spotlight akan meliputi pameran, peragaan busana, lokakarya, seminar, dan kompetisi. Tema Spotlight akan diangkat berdasarkan zonasi suku-suku bangsa Indonesia, dan ditargetkan akan bertambah setiap tahunnya, antara lain Batak, Jawa, Melayu, Betawi, Minangkabau, Bugis, Bali, Papua, Nusa Tenggara, dan Dayak.

 

Pada debut Spotlight tahun ini, para desainer atau jenama yang berpartisipasi akan disiapkan dengan format See Now, Buy Now yaitu model bisnis yang menjual barang-barang fesyen segera setelah ditampilkan di peragaan busana. Konsumen dapat mengakses dan berbelanja melalui kode QR (quick response) yang terhubung langsung ke katalog daring. (M-1)

Baca Juga

Dok. L’oreal Paris.

Ariel Tatum dan Kreator Konten Tamara Dai Tampil di Peragaan Busana Le Defile L’oreal Paris

👤Fathurrozak 🕔Kamis 29 September 2022, 10:16 WIB
Gelaran ini sudah berjalan selama lima tahun sebagai bagian resmi Paris Fashion...
MI/Fathurrozak

Indonesia Comic Con 2022 Hadirkan Sri Asih, Cosplayer, dan Vtuber

👤Fathurrozak 🕔Kamis 29 September 2022, 10:04 WIB
Indonesia Comic Con (ICC) 2022 berlangsung selama dua hari, 1-2 Oktober, di hall B Jakarta Convention Center...
Dok. Trinity Picturrs

Sasar Pencinta Gim, Film Love in Game Tembus 2,5 Juta Penonton

👤Fathurrozak 🕔Kamis 29 September 2022, 08:17 WIB
Film ini dibintangi aktor pendatang baru, Gabriel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya