Rabu 03 Agustus 2022, 19:50 WIB

Nasi dengan Olahan Ayam Tetap Pimpin Tren di Aplikasi Antar Makanan

Fathurrozak | Weekend
Nasi dengan Olahan Ayam Tetap Pimpin Tren di Aplikasi Antar Makanan

Dok. Go Food
Jenis makanan yang paling laris di aplikasi pesan antar.

 

MESKI referensi kuliner masyarakat berubah menjadi lebih bervariasi, rupanya faktor psikologis masih jadi yang paling memengaruhi pilihan dalam pertimbangan utama warga memilih makanan yang mereka konsumsi. 

 

Di saat semakin mudahnya orang memesan makan lewat berbagai aplikasi pengantaran makanan (online food delivery), pertimbangan faktor kenyamanan rasa makanan dan familiaritas jadi yang utama. Mengutip dari temuan yang diluncurkan GoFood lewat laporan Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia, Sajian Citarasa GoFood, ada beberapa jenis makanan yang paling jadi kegemaran.

 

Nasi dengan olahan ayam masih menjadi yang paling laris dipesan oleh para pengguna aplikasi layanan antar makanan. Dari laporan itu, selama dua tahun terakhir makanan dengan olahan ayam tidak tergoyahkan sebagai yang paling banyak dipesan oleh pengguna mereka. Selain nasi dengan olahan ayam, ada juga kopi susu dan siomay.

 

Laporan tersebut tersaji dalam bentuk e-book yang disusun berdasar cakupan operasi Gofood di 74 kota di Indonesia. Dalam penyusunannya, Gofood juga melibatkan pengamat dan penulis kuliner Kevindra Soemantri. Di buku bertajuk Sajian Cita Rasa GoFood itu, menyajikan paparan mendalam seputar pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap transformasi kuliner masyarakat Indonesia. Termasuk mengungkap masih sangat digemarinya masakan Indonesia oleh para pemesan makanan via aplikasi.

 

“Saat kulkas ditemukan, manusia kemudian bisa menyimpan bahan baku segar lebih lama. Hal ini mendorong munculnya jenis makanan baru. Kini, dengan lahirnya era layanan pesan-antar makanan, khazanah kuliner masyarakat, termasuk untuk menu-menu khas Indonesia jadi lebih kaya. Siapa sangka, Se’i Sapi dari Nusa Tenggara Timur jadi idola masyarakat ibu kota dan Nasi Ulam Betawi jadi favorit masyarakat di kota-kota lain di Indonesia. Saya percaya ini akan berdampak positif dalam pelestarian warisan rasa Nusantara, kata Kevindra dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, Rabu, (⅜).

 

Selain nasi dengan olahan ayam yang menjadi comfort food bagi kebanyakan pemesan via aplikasi, ada juga bubur ayam, nasi goreng, es jeruk, dan es teh yang menjadi primadona.

 

Temuan lainnya, camilan bertekstur kenyal dan renyah menjadi favorit pemesan makanan via aplikasi. Tempe mendoan dan variasi makaroni kering adalah dua di antara yang paling populer.


 

“Kami menyusun buku ini untuk menjadi inspirasi dan rekomendasi asyik bagi pelanggan dalam mengeksplor menu kuliner favorit mereka. Sementara, mitra UMKM kuliner dapat memanfaatkan insights atau data-data dalam laporan ini untuk terus mengembangkan bisnis mereka,” ungkap Direktur/Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo.

 

 

Selain itu, menu seperti cheese burger, Mie Bucin, dan nasi ayam katsu diprediksi akan menjadi makanan favorit di Gofood menilik dari tingkat pemesanan pelanggan belakangan. Untuk lini minuman, minuman berbahan dasar teh, latte gula aren, dan es cokelat juga masih tetap paling unggul. Di lini camilan, bolu lapis kukus, croffle, dan martabak telur masih jadi pilihan utama bagi pelanggan mereka.

 

E-book Sajian Cita Rasa GoFood Tren dan Lanskap Kuliner Indonesia bisa diunduh di tautan bit.ly/TrendanLanskapKulinerGoFood. (M-1)

Baca Juga

MI

Hore, Program Reporter Cilik Hadir Lagi!

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 14:25 WIB
Kali ini, program istimewa Media Indonesia tersebut melibatkan 78 siswa-siswi Muhammadiyah dari berbagai penjuru daerah di...
dok: Buku Mojok

Cara Bijak Menjalani Patah Hati

👤Fathurrozak 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:00 WIB
Patah hati sampai saat ini secara umum masih dianggap sebagai hal yang trivial dan terkesan...
unsplash.com/Manki Kim

Sejarah Yamamotoyama, Salah Satu Perusahaan Teh Tertua dan Terkaya di Jepang

👤Devi Harahap 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 08:14 WIB
Hingga saat ini, merek Yamamotoyama masih tetap mempertahankan eksistensinya di usia yang sudah menginjak lebih dari 300...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya