Rabu 12 Januari 2022, 09:42 WIB

Sebuah Kota Perdagangan Era Romawi Ditemukan di Inggris

Adiyanto | Weekend
Sebuah Kota Perdagangan Era Romawi Ditemukan di Inggris

JUSTIN TALLIS / AFP
Ilustrasi: Salah satu sudut kota di Inggris Raya yang banyak memiliki sisa peradaban Romawi

 

Sebuah situs yang merupakan kota perdagangan Romawi belum lama ini ditemukan setengah meter di bawah permukaan sebuah ladang terpencil di Northamptonshire, Inggris.

Sebuah jalan selebar 10 meter, beberapa bangunan, lebih dari 300 koin kuno, dan setidaknya empat sumur, telah digali di situs tersebut. Sedikitnya ada 80 arkeolog yang telah bekerja selama 12 bulan terakhir di situs tersebut.

Seperti dilansir The Guardian, Situs itu terletak di sebuah hamparan di perbatasan Northamptonshire-Oxfordshire, terletak di rute jaringan rel HS2 yang sedang dibangun antara London dan Birmingham.

Ini adalah salah satu dari lebih dari 100 situs arkeologi yang telah diperiksa di sepanjang rute itu sejak 2018, dan di antara temuan paling signifikan hingga saat ini.

Situs dekat Chipping Warden, yang dikenal sebagai Blackgrounds setelah tanah hitam pekatnya yang membantu melestarikan sisa-sisa era Romawi, digunakan untuk padang rumput sampai penggalian arkeologi dimulai. “Ketika tanah digunakan untuk penggembalaan, tanah secara efektif menutup apa yang ada di bawahnya,” kata James West, dari Mola Headland Infrastructure, yang mengelola penggalian.

Baca juga: Tim Arkeolog Temukan Bukti Kebiasaan Ngemil Orang Romawi Kuno

Keberadaan situs arkeologi di kawasan tersebut telah diketahui sejak abad ke-18, namun temuan selama penggalian kali ini di luar dugaan para ahli.

“Situs ini mengungkap era Romawi yang terpelihara dengan baik, serta begitu banyak penemuan berkualitas tinggi sangat luar biasa, dan memberi tahu kami banyak hal tentang orang-orang yang tinggal di sini. Situs ini benar-benar memiliki potensi untuk mengubah pemahaman kita tentang lanskap Romawi di wilayah ini dan sekitarnya,” ibuh West.

Baca juga: Komputer Era Romawi Berhasil Direkonstruksi

Sebuah desa zaman besi, yang terdiri dari lebih dari 30 rumah bundar, berdiri di lokasi tersebut pada saat invasi Romawi ke dataran Inggris pada 43 Masehi. Selama masa pendudukan Romawi, yang berlangsung hingga 410 M, pemukiman itu berkembang dan menjadi lebih makmur.

Bangunan batu baru dibangun di daerah pemukiman, pertanian dan industri yang berbeda. Belakangan para arkeolog telah menemukan bukti bengkel dan tempat pembakaran, di mana kegiatan seperti pengerjaan logam, pembuatan roti, dan tembikar berlangsung di wilayah itu. (M-4)

 

 

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Film Gita Cinta dari SMA Ajak Penonton Bernostalgia

👤Fathurrozak 🕔Selasa 07 Februari 2023, 17:06 WIB
Film Gita Cinta dari SMA versi 2023 dibintangi Yesaya Abraham dan Prilly...
DOK OK BANK

Ini Lho, Rekomendasi Hadiah di Hari Valentine

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 15:45 WIB
OK Bank melalui pinjaman OK KTA bisa memberikan Anda pinjaman multiguna yang bisa dimanfaatkan secara...
Dok Milklab

Milklab Hadirkan Sensasi Baru Pengganti Susu Sapi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:03 WIB
Milklab Oat Float akan memanjakan lidah pecinta kopi di Indonesia dengan seduhan kopi segar yang diracik menggunakan Milklab Oat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya