Selasa 28 September 2021, 13:00 WIB

Proyek Film Asal Pontianak Raih Pendanaan di Europe on Screen

Fathurrozak | Weekend
Proyek Film Asal Pontianak Raih Pendanaan di Europe on Screen

Europe on Screen
Para pemenang Europe on SCreen - Short Film Pitching Project (SFPP) 2021 bersama penyelenggara festival dan perwakilan Uni Eropa.

 

BERLANGSUNG pada 15-27 September, Europe on Screen (EoS) menghadirkan 53 film Eropa dan tiga kompilasi film pendek Indonesia pemenang Short Film Pitching Project (SFPP) 2020. Panitia menyatakan pada tahun ini jumlah film yang ditayangkan meningkat 25% bila dibandingkan tahun lalu. 
 
Selain memutar film-film Eropa dan menggelar lokakarya dan gelar wicara, pada beberapa tahun belakang edisi EoS, mereka memiliki program baru, yakni proyek pitching bagi film pendek Indonesia. Pemenang edisi perdana adalah film karya Adi Victory yang berjudul Lasagna, yang kemudian berkeliling ke berbagai festival internasional.
 
Pada tahun ini, SFPP kembali dibuka dan menerima 152 proposal. Delapan finalis kemudian terpilih untuk mengikuti pitching di hadapan dewan juri pada (24/9). 

Dalam penutupan EoS yang berlangsung Senin (27/9), film Bibir Merah Siapa Yang Punya, karya Haris Supiandi dan Pawadi, asal Pontianak terpilih menjadi juara perdana. Atas kemenangan itu mereka mendapatkan dana parsial produksi film dari EOS Rp12 juta, dana pasca-produksi audio film sebesar Rp10 juta, satu voucher kursus pendek editing dan dua voucher kursus pendek penulisan naskah dari SAE Indonesia, serta paket hadiah eksklusif dari Kemala Home Living.
 
Juara kedua, ditempati film Catch to Release, karya Andrew Kose dan Evi Cecilia, asal Jakarta. Pendanaan yang mereka dapatkan sebesar Rp9 juta. Sementara juara ketiga diraih film Riwayat Ceti, karya Azalia Muchransyah dan Adhi Anugroho, asal Bogor. Mereka mendapatkan dana parsial produksi Rp7 juta.
 
Ketiga film pemenang SFPP 2021 akan diputar secara perdana di EOS 2022. Meski EoS sudah berakhir, ada 21 film yang bisa kembali ditonton. Film-film itu adalah 438 Days, Any Day Now, Becoming Mona, Caged Birds, Copilot, Dealing with Death, Dear Future Children, Fox in a Hole, God, You’re Such a Prick, Havel, Here We Move Here We Groove, Hope, I Never Cry, Little Girl, Red Soil, Rosa’s Wedding, film pemenang SFPP 2020, Should the Wind Drop, Stop-Zemlia, Those Who Remained, dan Young Ahmed. (M-1)

Baca Juga

Dok. Plataran Indonesia

Plataran Menjangan Raih Penghargaan Hotel Safari Terbaik Dunia

👤Galih Agus Saputra 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 22:29 WIB
Plataran Menjangan menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan Asia (kecuali India) yang meraih penghargaan hotel safari terbaik...
Mola

Kisah Striker Sepak Bola Fabio Quagliarella Tandai Ekspansi Mola ke Manca Negara

👤Irana 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 13:30 WIB
Bersamaan dengan dibukanya layanan internasional, Mola pun memberlakukan penyeragaman harga menjadi US$ 8 atau Rp110.000 per...
MI

Sudoku Edisi 17 Oktober 2021

👤MI 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 06:20 WIB
Sudoku atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya