Jumat 25 Juni 2021, 13:37 WIB

Festival Hujan Bulan Juni Usung Tema Divaksinasi Puisi

Adiyanto | Weekend
Festival Hujan Bulan Juni Usung Tema Divaksinasi Puisi

dok instagram @ilnunifibui
poster Festuval Hujan Bulan Juni

 

MASIH dalam suasana pandemi, Festival Hujan Bulan Juni 2021 mengusung tema “Divaksinasi Puisi”. Kegiatan ini sebagai respons terhadap upaya untuk keluar dari keresahan dan ancaman melalui sastra dan puisi. Puisi (dan sastra) diyakini dapat berperan sebagai ‘vaksin’ yang ampuh untuk membuat pikiran tetap waras menghadapi kenormalan baru.

Festival Hujan Bulan Juni adalah persembahan Ikatan Alumni Fakultas Budaya Universitas Indonesia (ILUNI FIB UI) untuk merayakan puisi dan sastra serta apresiasi terhadap kepenyairan Sapardi Djoko Damono, sastrawan dan juga pengajar di fakultas tersebut.

Dalam akun instagram @ilunifibui disebutkan festival ini dirancang dan diselenggarakan setiap bulan Juni. Namun, tahun ini festival diselenggarakan hingga pertengahan Juli  dan akan berjalan secara daring mulai 25 Juni hingga 18 Juli 2021 (puncak festival sekaligus memperingati satu tahun wafatnya Sapardi pada 19 Juli 2020).

Berbagai bentuk program akan menghiasi festival ini di antaranya Bincang-Bincang, Pembacaan Puisi, Kompetisi Kirim Puisi, dan Konser Mengenang Sapardi. Acara pembukaan akan dihelat Jumat (25/6) malam nanti yang akan diisi bincang-bincang mengenai sastra dan puisi bersama Dirjen Kebudayaan RI Hilmar Farid, penulis dan juga musisikus Reda Gaudiamo (@reda.gaudiamo), kelompok musik Backing Soda (@backingsoda_), dan penyanyi Niesya (@niesyahrp). Acara ini dapat disaksikan melalui channel YouTube @hujanbulanjunifest. mulai pukul 20.00 WIB. (M-4)

Baca Juga

Dok. Blibli

Ajak Perempuan untuk Ekspresikan Cantiknya, Blibli Gelar Festival Belanja Cantik 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:40 WIB
Makna cantik lebih dari apa yang terlihat di permukaan. Cantik adalah bagaimana setiap perempuan memiliki pandangan positif dan keinginan...
Dok. Instagram @dapurcokelat

Perbedaan Mengelola Bisnis Cokelat 20 Tahun Lalu dan Sekarang

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 19:40 WIB
Pakar kuliner William Wongso menilai jika pelaku bisnis cokelat masa kini harus lebih cepat mengikuti selera...
Dok Shaggydog

Shaggydog Bikin Versi Terbaru Lagu Legendaris Di Sayidan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 12:33 WIB
Berbagai penghargaan telah diraih oleh Shaggydog, namun bagi mereka menjadi sebuah band tidak melulu mengenai panggung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya