Minggu 21 Maret 2021, 15:15 WIB

Akhir Pekan ini, Satelit Pengepul Sampah Meluncur ke Antariksa

Putri Rosmalia | Weekend
Akhir Pekan ini, Satelit Pengepul Sampah Meluncur ke Antariksa

Johan Swanepoel/123RF
Ilustrasi sampah luar angkasa

 

Satelit pengumpul sampah luar angkasa akan diluncurkan Sabtu, (20/3) pagi. Peluncuran akan dilakukan dari wilayah udara Kazakhstan menggunakan sebuah roket buatan Rusia, Soyuz Rocket.

Dilansir dari dailymail.com, Jumat, (19/3), satelit yang diberi nama ELSA-d tersebut merupakan satelit pemungut sampah luar angkasa pertama di dunia. Perangkat canggih tersebut merupakan garapan sebuah perusahaan asal Jepang bernama Astroscale. 

ELSA-d memiliki berat mencapai 200 kilogram. Nantinya satelit tersebut akan berputar di ruang angkasa. Bahan baku magnet yang terdapat di seluruh bagian permukaan satelit akan mampu menarik sampah luar angkasa yang tercecer di ruang hampa udara.

Ketika proses pengumpulan sampah selesai, ELSA-d akan terbakar dan musnah di atmosfer Bumi. Ketika itu terjadi diharapkan jumlah sampah ruang angkasa yang terkumpul sudah signifikan.

Karena merupakan proyek pertama di dunia, ELSA-d diharapkan dapat menjadi solusi masalah sampah luar angkasa yang saat ini semakin intens.

Misi tersebut dilakukan setelah mendapatkan lisensi dari UK Space Agency. UK Space Agency berperan sebagai pemantau dan penilai uji coba ELSA-d sebelum benar-benar siap diluncurkan pada 20 Maret 2021.

Tidak beda dengan kondisi di Bumi, di luar angkasa, 'penumpukan' sampah juga jadi hal yang saat ini belum memiliki solusi konkret. Berdasarkan data dari European Space Agency (ESA), diperkirakan ada 9.200 ton sampah luar angkasa yang melayang di ruang hampa udara.

Sampah sisa satelit dan stasiun luar angkasa yang semakin menumpuk dikhawatirkan dapat berbenturan dengan satelit lain yang masih digunakan. Bila itu terjadi, berbagai kerusakan dan kerugian akan tak bisa dihindari. Di samping itu, ada pula risiko sampah tersebut memasuki atmosfer dan jatuh ke Bumi. 

Baca Juga

Instagram @svhoffical

Tentang Dualisme Kehidupan di Koleksi Baru SVH Official

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:05 WIB
Dalam koleksi musim gugur/ dingin 2021/2022 ini digunakan juga konsep slow...
AFP

Gaya Busana Ala Drakor Diprediksi Dominasi Tren Busana 2022

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 06 Desember 2021, 07:15 WIB
Busana sehari-hari dan semiformal ala K-drama diprediksi akan menjadi sangat populer di tahun...
AFP/JUNI KRISWANTO

Waspadai Dampak Debu Vulkanik bagi Kesehatan

👤Putri Rosmalia 🕔Senin 06 Desember 2021, 06:51 WIB
Dalam jangka panjang, terhirupnya abu vulkanik dalam juamlah banyak dapat menyebabkan penyakit...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya