Senin 01 Februari 2021, 15:57 WIB

Arkeolog Temukan Kain Ungu Kerajaan Era Nabi Daud dan Sulaiman

adiyanto | Weekend
Arkeolog Temukan Kain Ungu Kerajaan Era Nabi Daud dan Sulaiman

Dafna GAZIT / Israeli Antiquities Authority / AFP
Serat kain berwarna ungu kerajaan di zaman Nabi Daud dan Sulaiman

 

Arkeolog Israel menemukan potongan-potongan kain yang diwarnai dengan pewarna ungu yang berasal dari era Raja (nabi) Daud dan Raja (nabi) Sulaiman di selatan negara itu.

"Para peneliti terkejut menemukan sisa-sisa kain tenun, rumbai, dan serat wol yang diwarnai dengan ungu royal," kata Otoritas Barang Antik Israel, Universitas Tel Aviv, dan Universitas Bar Ilan, Minggu (30/1).

Penemuan itu terjadi saat mereka memeriksa tekstil berwarna dari Lembah Timna, distrik produksi tembaga kuno. "Penanggalan radiokarbon langsung menegaskan bahwa penemuan tersebut berasal dari sekitar 1000 SM, sesuai dengan kerajaan alkitabiah Daud dan Sulaiman di Yerusalem," kata mereka.

Ini adalah pertama kalinya tekstil Zaman Besi yang diwarnai ungu ditemukan di Israel atau Levant, tambah mereka.

“Kain warna ini (ungu) yang dikaitkan dengan bangsawan dan pendeta ini seringkali harganya lebih mahal daripada emas", kata Naama Sukenik, kurator di Israel Antiquities Authority.

Selain kain, para peneliti juga menemukan limbah cangkang moluska dan pecahan tembikar dengan bercak pewarna, yang memberikan bukti perkembangan industri di era itu .

"Sekarang, untuk pertama kalinya, kami memiliki bukti langsung dari kain yang diwarnai itu, yang disimpan selama sekitar 3.000 tahun."

"Pewarna, yang dihasilkan dari spesies moluska yang ditemukan di Mediterania, lebih dari 300 kilometer (185 mil) dari Timna, sering disebutkan dalam Alkitab dan muncul dalam berbagai konteks Yahudi dan Kristen," kata pernyataan itu.

Erez Ben-Yosef dari departemen arkeologi Universitas Tel Aviv mengatakan temuan itu harus merevolusi konsep masyarakat nomaden bangsa Israel di Zaman Besi.

Dia mengidentifikasi situs Timna sebagai bagian dari "Kerajaan Edom yang dalam alkitab disebut berbatasan dengan kerajaan Israel di selatan. "Penemuan baru ini memperkuat asumsi kami bahwa ada elite di Timna, membuktikan adanya struktur kelas dalam masyarakat," katanya.(AFP/M-4)

Baca Juga

Dok. Crazyone Films.

Cinta yang Tergusur Derap Pembangunan

👤Fathurozak 🕔Selasa 07 Desember 2021, 11:21 WIB
Film ini mengangkat persoalan manusia-manusia yang tersingkir dan harus membangun kehidupan baru mereka atas nama...
MI/Fathurrozak

Perkara Sentuhan Manusia, Ibu, dan Rindu, dalam Film Laut Memanggilku

👤Fathurrozak 🕔Selasa 07 Desember 2021, 11:13 WIB
Sutradara Tumpal Tampubolon berbincang dengan Media Indonesia perihal film pendek terbarunya, Laut Memanggilku. Mulai dari soal boneka...
Instagram @svhoffical

Tentang Dualisme Kehidupan di Koleksi Baru SVH Official

👤Nike Amelia Sari 🕔Senin 06 Desember 2021, 16:05 WIB
Dalam koleksi musim gugur/ dingin 2021/2022 ini digunakan juga konsep slow...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya