Minggu 10 Januari 2021, 04:40 WIB

Senang Makan Tempe

(Pro/M-1) | Weekend
Senang Makan Tempe

Kementerian Pertanian. BPS/Tim Riset MI-NRC

KELANGKAAN produk kedelai ternyata juga dirasakan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian IPB, Munif Ghulamahdi. Ia mengaku sempat kesulitan mencari tempe ketika terjadi kenaikan harga kedelai impor di awal tahun 2021.

"Saya juga senang tempe juga jadi sulit juga sebenarnya kalau sampai tempe dan tahu langka karena pasokan kedelainya sulit itu, ya saya sedih juga," ujar Munif, ketika dihubungi Media Indonesia, Rabu, (6/1).

Penemu teknologi budi daya kedelai di lahan jenuh air ini mengatakan pada awal Januari lalu sempat sengaja berjalan di sekitar rumahnya untuk melihat ketersediaan tahu dan tempe. "Di sekitar rumah biasanya ada tahu dan tempe jadi sulit juga mencarinya," ujar pria berusia 61 tahun itu.

Ia mengatakan akan terus mendorong agar kedelai lokal mendapat tempat di Indonesia. Dengan begitu, masalah kelangkaan kedelai ini tak terus kembali terulang. Ia juga berharap masyarakat semakin banyak yang mau mendukung olahan yang dibuat dari kedelai lokal.

Munif mengatakan ia juga senang berkecimpung di berbagai penelitian terkait kedelai. Ia berharap ada semakin banyak akademisi muda yang mau mendalami soal pertanian kedelai dan potensinya untuk industri lokal. "Saya masih kerahkan mahasiswa juga ke lapangan untuk bisa terjun langsung dalam pertanian kedelai meski memang tidak mudah mencari yang mau terjun ke lapangan. Namun, semoga tetap bisa berjalan dan penelitian yang kami lakukan dapat membantu upaya pengembangan kedelai lokal," ujarnya.

Hingga kini pun penemuan Munif soal teknologi budi daya kedelai di lahan pasang surut (jenuh air) masih banyak dikembangkan para peneliti muda. Teknologi budi daya tersebut pada intinya ialah penanaman dengan tinggi muka air tetap sehingga lapisan di bawah perakaran jenuh air. Dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi, diharapkan fotosintesis juga menjadi tinggi sehingga akhirnya jumlah bunga dan polong juga tinggi. (Pro/M-1)

Baca Juga

MI/Furqon Ulya Himawan

Edukasi Gaya Hidup Sehat

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:45 WIB
DENGAN keberhasilan angka penurunan kasus covid-19 di Tanah Air dan kondisi global, sejak awal...
MI/Furqon Ulya Himawan

Sebarkan Narasi yang Merekatkan Bangsa

👤Furqon Ulya Himawan 🕔Minggu 26 September 2021, 06:30 WIB
MINGGU lalu sebuah video yang menunjukkan sejumlah santri menutup kuping saat mendengar musik,...
MI

Sudoku edisi 26 September 2021

👤MI 🕔Minggu 26 September 2021, 06:20 WIB
SUDOKU atau di kenal juga dengan tebak angka (number...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya