Selasa 27 Agustus 2019, 17:25 WIB

Wow! Aplikasi Ini Bisa Terjemahkan Perasaan Bayi

Rizky Noor Alam | Weekend
Wow! Aplikasi Ini Bisa Terjemahkan Perasaan Bayi

123rf
Cari tahu pikiran dan perasaan bayi anda melalui aplikasi BabyMind

 

Para peneliti dari Universitas York membuat aplikasi untuk membantu orangtua baru "mendengarkan" perasaan bayi mereka, agar dapat mengerti apa yang dirasakannya. Aplikasi, yang disebut BabyMind itu dapat memberikan informasi apa yang terjadi dalam pikiran bayi mereka pada titik tertentu setiap hari dan memberikan informasi akurat tentang perkembangan psikologis bayi kepada orangtua.

"Ada banyak keuntungan menggunakan aplikasi sebagai sarana intervensi karena aplikasi berbiaya rendah, mudah digunakan, dan sudah terintegrasi ke dalam kehidupan manusia. Tetapi kami ingin menunjukan apakah suatu aplikasi dapat memiliki efek yang dapat dibuktikan pada kualitas interaksi orangtua dan bayinya," kata profesor psikologi Universitas York, Elizabeth Meins seperti dikutip dari Daynurseries.

Sebelumnya aplikasi ini dicoba kepada sekelompok ibu segera setelah bayi mereka lahir. Mereka menggunakan aplikasi ini sampai bayi mereka berusia enam bulan. Terlihat orangtua bermain dengan bayi mereka dan lebih peka dengan pikiran dan perasaan bayi mereka.

Para peneliti pun membandingkan dengan kelompok ibu dan bayi mereka yang berusia enam bulan tanpa aplikasi. Ternyata hasilnya jauh berbeda, mereka yang menggunakan aplikasi lebih terbiasa dengan pikiran dan perasaan bayi mereka. Studi ini diikuti para ibu dengan rentang usia yang luas, dengan hasil bagi para ibu muda menjadi sangat menarik, menurut para peneliti.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan ibu muda sedikit penyesuaian terhadap pikiran dan perasaan bayi mereka dibandingkan dengan ibu di usia pertengahan dua puluhan atau lebih tua. Penelitian kami menunjukkan ibu muda yang menggunakan BabyMind sama selaras dengan ibu yang lebih tua yang menggunakan aplikasi. Yang lebih mengesankan adalah fakta bahwa pengguna aplikasi berusia muda lebih terbiasa dengan bayi mereka daripada ibu yang lebih tua yang tidak menggunakan aplikasi BabyMind," kata Meins. (M-3)

Baca juga : Identitas Kultural Asia dalam Kosmetik Sada
 

Baca Juga

Dok: Tim Dekdok IPM Pitulasan

Bara Kreativitas dalam Lomba Pitulasan

👤Azizah Hanum Azzahra - SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo 🕔Jumat 30 September 2022, 17:00 WIB
Berbeda dari tahun lalu, panitia Lomba Pitulasan 2022 ingin memberi tantangan berbeda kepada para peserta dengan melakukan modifikasi...
Dok. In2motionfest

Lebih dari Seribu Koleksi Busana akan Tampil di Ajang In2motionfest

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 30 September 2022, 13:35 WIB
In2motionfest akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) yang digelar di Assembly Hall,...
 NASA / AFP)

Teleskop Webb Tampilkan Gambar Asteroid Usai Ditabrak Pesawat NASA

👤Adiyanto 🕔Jumat 30 September 2022, 13:30 WIB
Pantauan teleskop James Webb terhadap serangan terhadap asteroid itu menunjukkan dampak 'jauh lebih besar dari yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya