Jumat 14 Juni 2019, 12:20 WIB

Bagaimana Ungkapan Ketidaksetujuan di 8 Negara Ini?

Irana Shalindra | Weekend
Bagaimana Ungkapan Ketidaksetujuan di 8 Negara Ini?

Unsplash/Headway
Tidak setuju dengan seseorang tidak harus merasa canggung.

Ingin tahu bagaimana berbagai budaya mengatakan, 'Saya tidak setuju'? Aturan budaya dan tradisi mendikte bagaimana seseorang berperilaku dalam situasi tertentu yang menimbulkan reaksi berbeda-beda, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, seperti dikutip dari siaran pers Jobstreet.com.

Orang Jepang: "Kami setuju"
Orang  Filipina: "Anda adalah bosnya"
Orang Cina: "Kami setuju dan tidak setuju dalam waktu bersamaan"
Orang Jerman: "Saya tidak setuju"
Orang Thailand: "Saya mendengar Anda/memahami Anda"
Orang Inggris: "Mari sepakat untuk tidak setuju"
Orang Amerika: "Anda pasti bercanda"
Orang Swedia: "Kami setuju jika semuanya setuju"

Budaya Barat lebih menyukai pendekatan langsung. Di sisi lain, orang Asia lebih memilih untuk menjaga harmoni sehingga mengekspresikan ketidaksetujuan menjadi lebih sulit. Namun, selalu ada cara bijaksana untuk menunjukkan ketidaksetujuan tanpa mengecewakan atasan.

Sekarang mari kita lihat alasan mengapa berbagi pandangan Anda di tempat kerja adalah hal wajar, baik Anda setuju atau tidak.

Mengapa penting untuk berbicara di tempat kerja
Mempelajari cara mengekspresikan pandangan dan ide yang bertentangan dengan perspektif atasan Anda sangat penting untuk membangun kredibilitas profesional Anda dan mengasah keterampilan kepemimpinan Anda. Jika Anda bercita-cita untuk maju ke tingkat berikutnya dalam karier Anda, Anda harus belajar untuk mengatasi ketakutan Anda akan konfrontasi.
 
1. Membangun kepercayaan diri
Dibutuhkan kepercayaan diri untuk menantang ide atasan Anda, dan semakin Anda berbicara, semakin nyaman Anda melakukannya.

2. Anda akan mendapatkan rasa hormat
Dibutuhkan keberanian untuk menentang atasan secara langsung, tetapi bersikap vokal tentang ide dan pandangan yang valid untuk alasan yang benar akan membuat Anda dihargai tidak hanya oleh rekan kerja, tetapi juga dari atasan Anda.

3. Atasan akan mengingat Anda
Menawarkan pendapat atau ide berharga kepada atasan Anda yang membuatnya tampak baik di hadapan atasannya akan memberi Anda poin bonus, dan tidak diragukan lagi akan membuat kesan yang sangat diingat.

4. Keluar dari zona nyaman Anda
Anda dapat tumbuh ketika Anda menerima tantangan dan menghadapi situasi dan skenario yang sulit. Jika mengutarakan ketidaksetujuan dengan atasan membuat Anda takut, itu pertanda baik. Ini berarti saatnya bagi Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda.
 
Tidak setuju dengan seseorang tidak harus merasa canggung atau menyakitkan. Semuanya bermuara pada bagaimana cara Anda menyampaikan, termasuk bahasa tubuh Anda. Apakah lengan Anda disilangkan ketika Anda berbicara? Itu menunjukkan Anda bersikap defensif. Bukan cara yang baik untuk memulai percakapan. Apakah nada suara Anda netral, atau konfrontatif? Apakah Anda tersenyum atau cemberut?

Berikut ini adalah tip sederhana namun bermanfaat: jika Anda gugup, tarik napas panjang sebelum mengatakan apa yang akan Anda katakan. Anda akan terkejut melihat perbedaannya. (RO/M-2)

Baca Juga

AFP/Valerie Macon

Prihatin Situasi di Gaza, Aktris Gal Gadot Tuai Kontroversi

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 14 Mei 2021, 21:13 WIB
Mantan Miss Israel tersebut mengatakan khawatir akan nasib keluarga dan...
Dok. instagram @marcellsiahaans

Marcel Bersyukur Rayakan Idul Fitri Pertama Kali

👤Nike Amelia Sari 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:15 WIB
Dia mengunggah foto tersebut sebagai bentuk rasa syukur terhadap Sang Pencipta dan sebagai pengingat untuk menjadi pribadi yang lebih baik...
MI/Ardi Teristi Hardi

Rahasia Daging Sate Klathak Pak Jede Bisa Empuk dan Mak Nyus

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 14 Mei 2021, 12:06 WIB
Sate klathak berasal dari istilah warga sekitar Jejeran untuk daging kambing yang dibumbui garam krosok (garam laut kasar) yang kemudian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya