Minggu 03 Februari 2019, 03:40 WIB

Jejak Historis di Makam Nong Isa

Riz/M-2 | Weekend
Jejak Historis di Makam Nong Isa

MI/RIZKY NOOR ALAM

 

BERWISATA di Batam tidak melulu harus ke Jembatan Barelang, Kampung Vietnam, ataupun Nagoya Hill. Jika Anda penasaran dengan sejarah Batam, berziarahlah ke makam Nong Isa yang masih berada di kawasan Nongsa. Menurut catatan-catatan sejarah, Nong Isa atau juga disebut dengan Raja Isa bin Raja Ali merupakan salah satu penguasa yang pertama yang ada di Pulau Batam.

Sekitar 1829, Nong Isa mendapatkan sebuah mandat dari Sultan Riau dan juga diberikan perintah oleh Muda Riau VI agar memerintah pada kawasan Nongsa dan juga wilayah sekitarnya. Surat mandat yang diberikan kepada Nong Isa tersebut dikeluarkan pada 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriah atau tahun masehinya jatuh pada 18 Desember 1829. Tanggal tersebut selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Batam.

Kompleks makam Nong Isa berada di atas sebuah bukit kecil di kawasan Kampung Nongsa Pantai, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Meskipun begitu, Nong Isa tidak dimakamkan di kompleks tersebut, hanya anak-anak keturunan Nong Isa yang disemayamkan di sana. Adapun makam Nong Isa hingga kini belum diketahui lokasi tepatnya.

Untuk bisa ke kompleks permakaman tersebut, Anda harus menaiki puluhan anak tangga. Di kompleks permakaman ada semacam prasasti yang menjelaskan mengenai sejarah singkat ditetapkannya hari jadi Kota Batam.

Makam itu pun sering didatangi masyarakat untuk berziarah, bahkan salah satu puncak perayaan ulang tahun Kota Batam ialah berziarah di kompleks permakaman ini. Nisan-nisan di komplek permakaman tersebut ditutupi kain berwarna ku­ning, warna kebanggaan orang Melayu. Suasana yang teduh dan khusyuk amat terasa di tempat ini, belum lagi hutan-hutan kecil yang me­ngelilingi permakaman semakin membuat suasana semakin asri.

Nong Isa juga merupakan salah satu tokoh asli masyarakat Pulau Batam, berkat hasil kerja kerasnya dia mampu memajukan daerah Nongsa pada awal berdirinya Kota Batam. Nongsa juga dikenal dengan pelabuhan yang sangat banyak disinggahi para pedagang yang ingin menuju ke Singapura dan Malaysia. (Riz/M-2)

Baca Juga

AFP/LOIC VENANCE

Dianggap Terkait Kerja Paksa Uyghur, Rencana Perluasan Zara di Prancis Ditolak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 10:01 WIB
Prancis memulai penyelidikan, Juni lalu, atas tuduhan bahwa empat perusahaan fesyen, termasuk Zara, meraup untung dari penggunaan tenaga...
maactioncinema.com

Raging Fire, Film Laga Klasik Terakhir Besutan Sutradara Benny Chan

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 30 November 2021, 09:00 WIB
Nama Benny Chan Muk-Sing barang kali sudah tidak asing lagi di kancah film laga Asia. Sejumlah judul film lahir dari tangan sutradara asal...
MI/Adam Dwi

Karakter dalam Kadet 1947 Bikin Omara Esteghlal Tersentuh

👤Audria Dwi Kusuma (*) 🕔Selasa 30 November 2021, 07:00 WIB
Salah satu yang membuatnya tersentuh adalah nilai rela berkoban hingga melupakan kepentingan diri sendiri untuk membela...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya