Senin 08 Agustus 2022, 14:23 WIB

Asah Pikiran Kritis untuk Hindari Hoaks

Mediaindonesia.com | Teknologi
Asah Pikiran Kritis untuk Hindari Hoaks

trainingzone.co.uk
Ilustrasi

 

Penyebaran infomrasi bohong atau hoax menjadi masalah utama di tengah kemajuan teknologi informasi.  Sebab itu, setiap individu harus terus mengasah critical thinking untuk menghindari hoks yang merajalela.

“Dengan melatih critical thinking, ketika mendapat sesuatu, lebih sigap membentengi diri. Jadi seperti skeptis, menanyakan hingga hal sekecil apapun. Tapi dari situ kita bisa tahu kalau itu benar atau tidak,” kata Komite Media Sosial Mafindo, Silma Agbas di Kediri, Jawa Timur, pada Kamis (4/8/2022).

Survei Omnibus Nielsen pada 2022 menunjukkan, 39 persen orang mengaku tidak pernah menerima hoaks. Data ini jelas mengkhawatirkan. Tidak mungkin seseorang tidak menerima hoaks di tengah maraknya penyebaran hoaks di media sosial. Sehingga ada indikasi masyarakat tidak memahami apa itu hoaks.

Hoaks  informasi yang sesungguhnya tidak benar, tapi dibuat seolah-olah benar. Sekarang ini, lanjut Silma, banyak hoaks lama yang disebarluaskan kembali. Sebab itu, individu cakap digital harus kritis setiap mendapat informasi. Jangan mudah terprovokasi dengan judul.
“Kita tidak bisa membatas informasi yang berlalu lalang di medsos. Ketika mendapat berita, baca dari atas hingga bawah secara full. Hal sekecil apapun harus dicari ulang. Misal bisa cek juga dengan melihat lima media besar,” ujar Silma. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok.Delameta Bilano

Produk Teknologi Encobus Indonesia Curi Perhatian ITS World Congress di LA

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 11:25 WIB
Teknologi nasional kini dapat berkompetisi di dunia serta akan hadir dan terlibat secara aktif dalam ekosistem...
Ist

Transaksi Token Saham Tesla Melejit Ketika Dibuka di Triv

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 10:41 WIB
Triv.co.id selaku platform jual beli Bitcoin mengumumkan bahwa customer-nya sudah dapat melakukan transaksi token saham berbagai...
Instagram @pubgmobile_id

Bintang Squid Game Ini Isi Peran di Gim PUBG Mobile

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 10:30 WIB
Hoyeon hadir sebagai NUSA Commissioner, dan para pemain akan dapat mengoleksi serangkaian pernak-pernik bertema Hoyeon dengan membeli peti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya