Selasa 13 Juli 2021, 11:37 WIB

Presiden Mattarella Puji Keberhasilan Timnas Italia di Euro 2020

Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola
Presiden Mattarella Puji Keberhasilan Timnas Italia di Euro 2020

Handout / Quirinale Press Office / AFP
Presiden Italia Sergio Mattarella (kanan) memberi selamat kepada bek timnas Italia Giorgio Chiellini yang memegang trofi Euro 2020.

 

SETELAH kemenangan Tim Nasional (Timnas) Italia di Piala Eropa 2020 (Euro 2020) atas Timnas Inggris, Senin, (12/7) dini hari WIB. Gli Azzurri langsung memboyong trofi Euro ke Roma, Italia, dan bertemu dengan Presiden Italia Sergio Mattarella, Selasa (13/7) WIB.

Melakukan pertemuan di Istana Quirinale, Mattarella mengucapkan selamat kepada Gli Azzurri dan mengungkapkan kebanggaanya terhadap skuad Roberto Mancini itu, yang sukses merebut gelar juara Euro 2020 setelah yang terakhir 53 tahun lalu.

"Selamat kepada Presiden (federasi sepak bola Italia) Gabriele Gravina, serta pujuan terbesar untuk para pemain, yang pantas menang meski bermain dengan rintangan yang berat," ucap Mattarella dilansir dari Football-Italia, Selasa, (13/7) WIB.

"Stadion penuh dengan penggemar Inggris dan gol awal menjadi sebuah prestasi luar biasa. Kemarin saya dimintai komentar terkait hal itu dan saya mengatakan anda (timnas Italia) telah dikelilingi oleh kasih sayang orang Italia dan anda telah membalasnya," tutur Mattarella.

"Timnas sepak bola menang dengan mengekspresikan permainan yang luar biasa dan inilah yang menghibur para pemain dan kemudian mereka yang menonton pertandingan. Anda telah menampilkan ikatak kebersamaan yang luar biasa sepanjang turnamen dalam tujuh pertandingan. Kami telah melihat keharmonisan tim dan sekali lagi saya mengucapkan selamat untuk itu semua," jelasnya.

Dalam pertemuan itu, pelatih Mancini juga mendapatkan pujian dari Mattarella karena telah membangun skuad Italia menjadi tim yang luar biasa.

"Saya berterima kasih juga untuk Mancini atas kepercayaan yang selalu dia tunjukkan sejak awal pertualangan ini dan untuk semua persiapan setiap pertandingan. Untuk semuaalasan itu sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Mancini dan seluruh stafnya," ujar Mattarella.

"Saya juga ingin memberikan selamat kepada kiper (Gianluigi) Donnarumma karena menjadi pemain terbaik di Kejuaraan Eropa. Penyelamatan yang telah anda lakukan membuat jutaan orang Italia bergembira," terangnya.

"Anda (Timnas Italia) pantas mendapatkan trofi dan gelar ini. Selamat dan harapan terbaik untuk masa depan," tukasnya.

Usai melakukan pertemuan dengan Presiden, Timnas Italia kemudian merayakan kemenangan mereka di atas bus terbuka dengan mengelilingi Roma, dan sejumlah penggemar pun memadati jalanan Roma untuk merayakan keberhasilan timnas favoritnya itu.

Sempat dilarang oleh pihak berwenang untuk menghindari terjadinya kerumunan masal mengingat pandemi covid-19, namun Gli Azzurri meyakinkan pihak berwenang untuk akhirnya diberikan lampu hijau.

"Kami memenangkan negosiasi untuk dapat melakukan parade ini untuk pendukung kami. Karena Piala ini adalah milik mereka," kata pemain Timnas Italia Bonucci.

Selain timnas Italia, petenis Matteo Berrettini yang juga menjadi Runner-up di Grand Slam Wimbledon juga ikut bergabung di dalam bus untuk merayakan kemenangan Italia. (Rif/Football-Italia/OL-09)

Baca Juga

AFP

Tim Promosi Cambuur Babak Belur Dihajar Ajax Tanpa Balas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 06:46 WIB
AJAX membuat tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden, babak belur dengan sembilan gol tanpa...
Twitter Watford

Dua Gol Sarr Benamkan Norwich ke Dasar Klasmen

👤Ant 🕔Minggu 19 September 2021, 01:18 WIB
Watford sementara naik menduduki peringkat ke-10 klasemen dengan raihan enam...
Twitter Arsenal

Odegaard Antar Arsenal Raih Kemenangan Beruntun

👤Ant 🕔Minggu 19 September 2021, 00:16 WIB
Arsenal yang dua pekan lalu berada di dasar klasemen kini merangsek naik ke urutan ke-12 dengan koleksi enam...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya