Minggu 20 Juni 2021, 12:22 WIB

Dumfries Nikmati Peran di Timnas Belanda

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Dumfries Nikmati Peran di Timnas Belanda

AFP/Koen van Weel
Bek Belanda Denzel Dumfries

 

PEMAIN bertahan Denzel Dumfries belum pernah bermain dengan formasi pertahanan lima bek. Meski begitu, dia tampak menikmati posisi yang diberikan kepadanya itu setelah dua penampilan luar biasa untuk timnas Belanda.

Dumfries menjadi salah satu bintang Belanda di ajang Piala Eropa 2020 setelah mencetak gol kemenangan melawan Ukraina pada laga pembuka mereka kemudian membukukan gol lagi ketika mengalahkan Austria 2-0 sekaligus mengklaim tempat teratas di Grup C.

"Saya senang saya bisa berkontribusi," katanya saat konferensi pers, Sabtu (19/6). "Saya baru saja memainkan permainan saya sendiri. Dalam pola yang berbeda dari yang biasa saya lakukan, tetapi sistem ini memberi saya keuntungan. Saya mendapatkan semua ruang yang saya butuhkan untuk ikut menyerang dan itu membuat saya merasa nyaman."

Baca juga: Gunes Berharap Ada Keajaiban Saat Turki Melawan Swiss

Pelatih Belanda Frank de Boer menggunakan pola 5-3-2 dalam pertandingan grup pertama dan itu menyebabkan kegemparan di negara yang menerapkan pola permainan tradisionalnya selalu 4-3-3.

Namun, izin yang diberikan kepada pemain berusia 25 tahun itu untuk turut menyerang dari sisi belakang kanan telah membantu membenarkan keputusan De Boer.

Dumfries berpikir dia bisa berbuat lebih baik dengan Belanda melawan Makedonia Utara di Amstredam, Senin (21/6).

"Berada pada posisi yang lebih baik ketika saya menguasai bola, misalnya, sehingga saya bisa mendapatkan lebih banyak waktu. Saya juga ingin membuat lebih banyak umpan. Masih banyak ruang untuk perbaikan," ujarnya.

Sebelum kompetisi ini dimulai, Dumfries memberikan sinyal akan mencari pengalaman baru setelah tujuh musim bermain di liga papan atas Belanda, tiga musim terakhir bersama PSV Eindhoven.

Spekulasi berkembang di media bahwa ada kemungkinan dia pindah ke klub Inggris, Jerman, atau Italia, tetapi berbagai pertanyaan tentang rencana masa depannya itu dia tampik dengan sopan.

"Saya sama sekali tidak peduli dengan hal itu untuk saat ini. Jika Anda tidak keberatan, saya sepenuhnya masih fokus pada turnamen ini," katanya kepada wartawan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/Lluis GENE

Messi Hengkang, Barcelona Rugi Besar Secara Finansial

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 06:38 WIB
Messi disebut juga bertanggung jawab atas 30% pemasukkan klub serta penjualan delapan dari 10 jersey...
AFP/LLUIS GENE

Messi Ucapkan Selamat Tinggal untuk Barcelona

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 06:27 WIB
Kini, Messi dipastikan akan hengkang dari Barcelona. Namun, hanya sedikit klub yang bisa membayar gaji sang pemain meski dia bisa...
AFP/Fabrice COFFRINI

UEFA Selidiki Sparta Praha Terkait Insiden Rasisme

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 05:54 WIB
Gelandang Prancis Aurelien Tchouameni mengadu kepada wasit bahwa dirinya menjadi korban pelecehan rasisme setelah mencetak gol pembuka kala...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Olimpiade Jadi Tujuan Utama Pembinaan Atlet

INDONESIA berhasil mendapatkan lima medali di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya