Jumat 18 Juni 2021, 22:47 WIB

Penalti Forsberg Bawa Swedia ke Puncak Klasmen

Ant | Sepak Bola
Penalti Forsberg Bawa Swedia ke Puncak Klasmen

AFP
Emil Forsberg

 

EMIL Forsberg memperbesar asa tim nasional Swedia untuk melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 seusai mengalahkan Slovakia 1-0 dalam lanjutan Grup E di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (18/6(

Swedia sementara naik ke puncak klasemen Grup E dengan raihan empat poin, menjaga peluang mereka lolos ke babak gugur semakin terbuka.

Sedangkan Slovakia yang kini turun ke posisi kedua dengan tiga poin, juga masih berpeluang untuk lolos entah sebagai dua teratas atas salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

Gol penalti Forsberg menjadi buah kerja keras Swedia yang penampilannya meningkat sepanjang babak kedua, setelah relatif lebih banyak tertekan di paruh pertama.

Kendati lebih banyak mengendalikan bola di babak pertama, Slovakia juga tidak begitu mampu menciptakan peluang berarti.

Empat menit pertandingan berjalan, Swedia sempat memperoleh peluang lewat tendangan spekulasi jarak jauh sang kapten Sebastian Larsson, sayang bola yang membentur mengenai barisan pertahanan Slovakia bisa dibaca dan diamankan kiper Martin Dubravka.

Semenit berselang, Slovakia mendapat sepak pojok dan Juraj Kucka berusaha menyambut umpan kiriman Marek Hamsik sayang sundulannya masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Dua menit jelang turun minum, Slovakia memperoleh peluang terbaik mereka di babak pertama ketika Ondrej Duda menyodorkan umpan tetapi penyelesaian Hamsik melambung tinggi di atas mistar gawang.

Selepas turun minum, kedua tim tampil lebih agresif dalam melancarkan serangan dan Swedia beberapa kali lebih mampu menebar ancaman atas gawang Slovakia.

Pada menit ke-59, semenit setelah peluang Kucka diamankan kiper Robin Olsen dan sudah terjebak offside, Larsson mengirimkan umpan silang berbahaya yang disambut tandukan tajam Ludwig Augustinsson tetapi Dubravka menepisnya ke atas mistar gawang.

Lantas pada menit ke-71, Alexander Isak yang kembali tampil gemilang mampu melewati sedikitnya tiga bek Slovakia saat menusuk dari sisi sayap kiri, sayang penyelesaiannya dimentahkan secara gemilang oleh Dubravka.

Sayangnya, empat menit kemudian Dubravka terpaksa harus menjatuhkan Robin Quaison yang lolos dari kawalan barisan pertahanan Slovakia di dalam kotak penalti dan wasit Daniel Siebert tanpa ragu segera menunjuk titik putih.

Forsberg yang menghadapi bola dengan tenang mengkonversi tendangan penaltinya ke pojok kanan bawah gawang yang tidak mampu dijangkau oleh Dubravka demi membawa Swedia memimpin 1-0 atas Slovakia.

Slovakia berjuang keras untuk mencetak gol balasan, tapi jibaku mereka tak kunjung membuahkan hasil termasuk dua percobaan David Hancko dan Milan Skriniar yang gagal menembus barisan pertahanan Swedia.

Di pertandingan penutup Grup E yang berlangsung serempak pada Rabu (23/6), Swedia akan menghadapi Polandia di Saint Petersburg sedangkan Slovakia harus terbang ke Sevilla menantang salah satu tuan rumah unggulan, Spanyol. (OL-8)

Baca Juga

AFP

Chelsea Ingin Duetkan Lukaku Dan Haaland

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:16 WIB
WALAU dinilai telah memiliki lini depan yang mumpuni, Chelsea tetap memiliki keinginan mendatangkan striker papan...
AFP

Kepergian Ronaldo Berkah Bagi Si Nyonya Tua

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 19:02 WIB
KEHADIRIAN Cristiano Ronaldo ternyata mendatangkan dampak negatif ke skuat Juventus secara...
AFP/Lindsey Parnaby

Steve Bruce Mundur Dari Kursi Pelatih Newcastle

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 18:04 WIB
PELATIH Newcastle United, Steve Bruce memutuskan mundur dari posisi yang telah didudukinya selama dua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya