Jumat 30 Oktober 2020, 03:02 WIB

Jejak Kaki Zaman Es Ditemukan

Van/ScienceNews/X-7 | Sela
Jejak Kaki Zaman Es Ditemukan

MI/SENO
Ilustrasi

DI akhir zaman es, manusia dewasa atau remaja bergegas melintasi dataran berlumpur, tempat mamut dan kungkang raksasa berkeliaran. Sekarang, lebih dari 10.000 tahun kemudian, jejak kaki itu membatu mengungkapkan perjalanan yang mungkin berbahaya.

Trek yang ditemukan di Taman Nasional Pasir Putih New Mexico membentang hampir 1,5 kilometer melintasi dataran dan bukit. Itu menjadikannya set terpanjang manusia pada zaman es yang pernah ditemukan. “Panjang jalurnya benar-benar luar biasa dan memberi kami jendela untuk melihat perilaku individu,” kata ahli biologi evolusi Kevin Hatala dari Universitas Chatham di Pittsburgh, AS.

Dari 427 jejak kaki manusia yang ditemukan, 90 di antaranya dianalisis para peneliti. Ukuran dan kedalaman jejak kaki menunjukkan jejak itu dibuat oleh remaja. Para peneliti mengatakan mungkin manusia pindah dalam kelompok untuk berburu hewan seperti mamut, kungkang, dan serigala secara aman. (Van/ScienceNews/X-7)

Baca Juga

MI/Duta

Sundul Bola Turunkan Fungsi Otak

👤Nur Aivanni 🕔Senin 30 November 2020, 02:40 WIB
Peneliti Liverpool Hope University merekrut 30 pemain sepak bola berusia antara 18 dan 21 tahun yang bermain seminggu...
Dok.MI/ebet

NASA Bantu Layanan Pemakaman di Bulan

👤(Aiw/Nypost/X-7) 🕔Minggu 29 November 2020, 05:20 WIB
KINI manusia bisa menguburkan abu kremasi di...
MI/Seno

Ekor Aligator Dapat Tumbuh Kembali

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 28 November 2020, 03:09 WIB
HEWAN aligator muda Amerika (Alligator mississippiensis) ternyata mampu menumbuhkan kembali ekornya hingga 18% dari total panjang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya