Jumat 08 April 2022, 04:00 WIB

Zikir Menuju Puasa Terbaik

Ferdian Ananda Majni | Ramadan
Zikir Menuju Puasa Terbaik

Dok. Istimewa

 

MENDAPATKAN ampunan, rahmat, dan keberkahan Allah menjadi tujuan tiap insan yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Namun, apakah kualitas ibadah puasa yang kita jalani menjamin kita mendapatkan hal tersebut? Ini menjadi pertanyaan yang diajukan para sahabat kepada Rasullah.

Sahl bin Mu'adz meriwayatkan dari ayahnya, beliau berkata bahwa sesungguhnya ada seseorang lelaki bertanya kepada Rasulullah SAW bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang terbaik dan paling besar pahalanya saat berpuasa?. Siapakah ahli puasa terbaik, ahli puasa yang pahalanya paling besar, pahalanya paling luas, paling tinggi, dan pahalanya paling agung, siapa dia?”

Lalu Rasulullah menjawab, “Mereka yang paling banyak zikirnya kepada Allah SWT”. Demikian dijabarkan Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri dalam kanal Youtube-nya, dikutip kemarin.

Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri mengatakan mereka yang terbaik ialah yang paling banyak berzikir, bukan yang paling lapar, bukan yang paling haus, atau yang paling susut berat badannya ketika menimbang pada awal Syawal. "Tetapi yang paling baik dan yang paling terbaik adalah yang paling banyak berzikir kepada Allah SWT," kata dia.

Dia menegaskan bahwa umat muslim harus mengingat baik-baik, khususnya pada awal-awal Ramadan, bahwa yang paling baik ialah yang paling banyak berzikir, yang paling banyak mengingat Allah SWT. "Semakin kita banyak mengingat Allah, semakin kita mengisi hari-hari kita, menit-menit kita, jam-jam kita, lalu setiap aktivitas-aktivitas kita dengan berzikir, maka puasa kita akan menjadi puasa yang terbaik," sebutnya

 

Istigfar

Dia juga mengungkapkan tidak heran orang yang terbaik ketika berpuasa ialah Rasulullah. Beliau senantiasa mengingat Allah, senantiasa berzikir kepada Allah. Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri mengingatkan agar berzikir pada waktu pagi dan petang. "Kalau bisa dibaca full, dibaca semuanya, jangan hanya 1-2 zikir saja. Walaupun setiap zikir selalu memberikan keutamaan kepada kita, tetapi kita selesaikan semua. Di bulan Ramadan ini, usahakan istigfar 100 kali," ujarnya.

"Maka, perbanyak istigfar, istigfar, dan istigfar. Tentunya ketika kita beristigfar, harus menghayati dari dalam hati kita, mohon ampun kepada Allah, minta kepada Allah agar dihapuskan dosa-dosa kita," kata Ustaz Muhammad.

Ia menuturkan sebagian ulama mendengar bahwa Nabi setiap hari beristigfar 100 kali bahkan lebih. Mereka berpikir jika Nabi saja beristigfar 100 kali, bagaimana dengan mereka yang umat biasa. Oleh karenanya, mereka beristigfar hingga ribuan kali tanpa menjadikannya sebuah syariat yang diikuti.

"Mintalah kepada Allah, kita punya waktu yang sangat banyak, tidak ada alasan," lanjutnya. Ia menambahkan jika ada kondisi tidak bisa membaca Alquran, tidak ada alasan tidak beristigfar, bertasbih, dan bertahmid.

Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri menegaskan bahwa kita bisa beristigfar, bertasbih, dan bertahmid ketika beraktivitas sehari-hari. "Itu yang akan membuat puasa kita semakin bermakna," paparnya. (H-3)

Baca Juga

Ist

Masyarakat Puas Kinerja dari Pemerintah dan Polisi Tangani Arus Mudik

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 15 Mei 2022, 21:22 WIB
Masyarakat merasakan puas atas kinerja dari Pemerintah Indonesia dan Polri terkait hal penanganan dan penyelenggaraan arus mudik Hari Raya...
DOK Pribadi.

Program Ramadhan Brand Berbagi Salurkan 1.000 Lebih Paket

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 09 Mei 2022, 21:50 WIB
Harapannya, seluruh donasi yang diberikan dapat menjadi berkah, tidak hanya bagi penerima, tetapi juga untuk perusahaan sebagai...
Dok. Mahasiswa Diaspora di Saint Petersburg

Lebaran Penuh Kegembiraan di Saint Petersburg

👤 Naila Maziya Labiba ! Mahasiswi Program Master di Saint Petersburg State Technological Institute (Technical University) 🕔Jumat 06 Mei 2022, 14:25 WIB
Acara silaturahim yang bertemakan Pulang Kampoeng ke Rumah Nenek dibuka dengan sambutan Ketua persatuan mahasiswa Indonesia di Saint...

RENUNGAN RAMADAN

CAHAYA HATI


JADWAL IMSAKIYAH
Sabtu, 21 Mei 2022 / Ramadan 1443 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : WIB
Subuh : WIB
Terbit : WIB
Dzuhur : WIB
Ashar : WIB
Maghrib : WIB
Isya : WIB

PERNIK RAMADAN