Selasa 24 Januari 2023, 21:15 WIB

PAN: Pemilu Proporsional Tertutup Bisa Picu Caleg Mundur

Putra Ananda | Politik dan Hukum
PAN: Pemilu Proporsional Tertutup Bisa Picu Caleg Mundur

Antara
Pejalan kaki melintasi mural terkait pemilu.

 

POLEMIK gugatan pemilu proporsional tertutup yang sedang diuji di Mahkamah Konstitusi (MK) menimbulkan ketidakpastian bagi para calon anggota legislatif (caleg) di Partai PAN. 

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, yang menyebut polemik itu membuat sejumlah caleg di partainya berada dalam posisi yang tidak menguntungkan.

"Khususnya di PAN dan para caleg maupun yang lama atau yang baru, itu sepertinya tersandera," jelas Yandri di Kompleks Parlemen, Selasa (24/1).

Baca juga: Sistem Proporsional Tertutup Rugikan Caleg Perempuan

Pihaknya berharap agar polemik proporsional terutup atau terbuka bisa selesai secepat mungkin. Sebab, pemilu proporsional tertutup dikatakannya membawa pengaruh buruk bagi proses pencalegan dalam tubuh PAN. 

Yandri bahkan menyebut caleg PAN akan ramai-ramai mundur dari partai, jika Pemilu 2024 berlangsung secara proporsional tertutup. "Kalau tertutup jelas itu tsunami bagi pencalegan. Artinya, kemungkinan mundur secara massal itu terjadi," imbuhnya.

Baca juga: Tolak Proporsional Tertutup, Demokrat Ajukan Diri jadi Pihak Terkait

Menurutnya, MK bisa segera mengeluarkan putusan terkait sistem proporsional pemilu. Sehingga, para caleg bisa melakukan persiapan sejak penetapan daftar calon sementara (DCS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Perlu persiapan yang banyak. Para caleg itu kan harus membuat surat kelakuan baik, lalu buat keterangan sehat. Jadi tidak serta-merta semuanya bisa dadakan," tukas Yandri.

Dirinya menilai perubahan sistem pemilu dari terbuka menjadi terututp sebagai kemunduran dalam demokrasi. Dinamika menyapa rakyat akan terhenti, yang akan berimbas pada turunnya kegiatan ekonomi.(OL-11)

Baca Juga

DOK MI

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:50 WIB
WAKIL Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta...
Muhammad Iqbal

Hendra Kurniawan Dituntut Tiga Tahun Penjara Dan Denda Rp20 Juta

👤Irfan Julyusman 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:43 WIB
JAKSA penuntut umum menuntut Hendra Kurniawan dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda sebesar Rp 20...
DOK MI.

Pertemuan Jokowi-Surya Paloh Singgung Pilpres 2024

👤Valerie Augustine Budianto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:38 WIB
Pertemuan sekitar satu jam tersebut merupakan bagian dari silaturahmi dan ibarat kangen-kangenan antara kakak dan adik yang lama tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya