Kamis 12 Januari 2023, 14:24 WIB

SMRC: Elektabilitas Anies Naik, Suara Prabowo Tergerus

Satrio Adi Putranto | Politik dan Hukum
SMRC: Elektabilitas Anies Naik, Suara Prabowo Tergerus

ANTARA FOTO/Arnas Padda
Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem Anies Rasyid Baswedan

 

HASIL survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan dinamisnya elektabilitas para tokoh-tokoh calon presiden (Capres) terkuat di pemilu 2024. Ketiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling menggerus suara satu sama lain.

Saiful Mujani mengatakan naiknya elektabilitas salah satu capres membuat elektabilitas capres lainnya turun.

"Ada korban dari kenaikan salah satu capres, kan gak mungkin ada yang naik tapi yang satu lagi tetap (tidak berkurang)", kata Saiful Mujani. Elektabilitas Anies Baswedan yang mengalami kenaikan mengakibatkan suara milik Prabowo Subianto tergerus.

Survei dilakukan dengan merujuk pada suara dari kontestan pemilu 2019 Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi. Suara dari ke dua pasangan tersebut terbagi ke tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Golkar Anggap pernyataan Megawati ke Jokowi Hal yang Biasa

Sebanyak 20% dari pemilih Jokowi-Amin beralih ke Anies Baswedan, 22% ke Prabowo Subianto dan 44% ke Ganjar Pranowo. Sedangkan 14% lainnya tidak menjawab. Pada pemilih Prabowo-Sandi sebanyak 44% beralih ke Anies Baswedan, 37% tetap pada Prabowo Subianto dan 13% beralih ke Ganjar Pranowo. Sedangkan 6% lainnya tidak menjawab.

Dari angka tersebut distribusi pemilih dari Jokowi-Amin paling besar beralih ke Ganjar Pranowo, namun Ganjar tidak mendapat porsi distribusi yang signifikan dari pemilih Prabowo-Sandi.

Di sisi lain Anies Baswedan mendapatkan porsi yang paling besar dari pemilih Prabowo-Sandi, Prabowo sendiri menjadi korban dari kenaikan elektabilitas Anies Baswedan.

"Artinya apa, pemilih Prabowo dulu itu udah pindah ke Anies. Sedangkan ke Ganjar tidak terlalu signifikan hanya 13%", ujar Saiful. (OL-4)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya