Jumat 09 Desember 2022, 16:15 WIB

Pimpinan DPR Ingatkan Ketua MPR Bamsoet Soal Jadwal Pemilu 2024

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pimpinan DPR Ingatkan Ketua MPR Bamsoet Soal Jadwal Pemilu 2024

dok.Ant
Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa DPR dan pemerintah sudah berkomitmen untuk menggelar Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 sehingga me

 

PIMPINAN DPR yang diwakili oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk tidak melempar wacana perubahan jadwal Pemilu 2024. Dasco menilai tahapan jadwal pemilu telah disepakati bersama dengan pemerintah.

"Pada saat ini DPR RI dan KPU serta pemerintah masih tetap jalan dalam proses tahapan yang sudah disepakati. Apa yang disampaikan Pak Bamsoet tentunya tidak serta merta mengubah atau otomatis tahapan yang sudah ada," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/12).

Dasco menuturkan proses dan tahapan pemilu kini tengah berjalan. Selain itu, pada tanggal 14 Desember mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melalukan pengundian nomor urut dan menetapkan partai politik (parpol) peserta pemilu 2024 mendatang.

"Saya pikir apa yang disampaikan itu namanya juga mengemukakan pendapat (hak) setiap orang dan dijamin oleh Undang-Undang. Ya itu, silakan saja, tetapi kan proses dan tahapan yang berjalan, tetap masih berjalan kan gitu," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua MPR Bamsoet mengumakakan bahwa pemilu seringkali membuat tensi politik semakin tinggi. Hal tersebut disampaikan Bamsoet saat menanggapi rilis hasil survei yang dilakukan oleh Poltracking. Dalam kesempatan tersebut Bamsoet lantas meminta adanya perhitungan rinci untuk mengantisipasi segala kondisi yang terjadi.

"Tentu kita juga mesti menghitung kembali, karena kita tahu bahwa penyelenggaraan pemilu selalu berpotensi memanaskan suhu politik nasional baik menjelang, selama, hingga pasca penyelenggaraan pemilu," lanjut dia. (OL-13)

Baca Juga: DPR Pastikan Perppu Tidak Ganggu Tahapan Pemilu

Baca Juga

MI/Susanto

Dongkrak Indeks Korupsi, Kejagung Gencarkan Pengusutan Kasus

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:31 WIB
Salah satu terobosan yang dilakukan penyidik Kejagung adalah membuktikan kerugian perekonomian negara dalam dua perkara korupsi pada tahun...
Dok. Bawaslu.go.id

Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan Dukungan Ganda Bacalon DPD RI

👤Antara 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:42 WIB
Bawaslu Kalteng Temukan Dugaan Dukungan Ganda Bacalon DPD...
 MI/USMAN ISKANDAR

PKS Justru 'Pede' Golkar yang bakal Merapat ke Koalisi Perubahan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Rabu 01 Februari 2023, 19:58 WIB
Partai yang dipimpin Ahmad Syaikhu itu justru percaya diri Golkar bakal bergabung dengan Koalisinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya