Kamis 01 Desember 2022, 17:14 WIB

Survei: Erick Thohir Pasangan Tepat Untuk Ganjar Pranowo

Widhoroso | Politik dan Hukum
Survei: Erick Thohir Pasangan Tepat Untuk Ganjar Pranowo

DOK MI
Erick Thohir (kiri), Ganjar Pranowo (kanan).

 

SURVEI Indikator Politik Indonesia menunjukkan Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi pasangan yang tepat untuk kandidat calon presiden (capres) potensial, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan Erick Thohir adalah pilihan tepat jika Ganjar ingin memperkuat basis pemilih Nahdliyin atau muslim.

"Jika Pak Ganjar ingin memperkuat basis pemilih NU dan muslim maka Erick Thohir pasangan yang tepat," tutur Burhanuddin saat melakukan Rilis Survei Nasional periode 30 Oktober-5 November 2022, Kamis (1/12).

Seperti diketahui, Erick Thohir dikenal sebagai pemimpin yang memiliki kedekatan bersama NU struktural maupun kultural atau Nahdliyin. Menteri kepercayaan dan andalan Presiden Jokowi tersebut juga kader terbaik dari NU sebagai Anggota Kehormatan Banser.

Tak hanya itu, Erick Thohir juga bekerja nyata membantu meningkatkan kesejahteraan NU dan Nahdliyin. Di struktural, ia membantu mendirikan 250 BUMNU di seluruh Indonesia.

Sedangkan, di lingkup Nahdliyin, Erick Thohir gencar merealisasikan program Santri Magang di BUMN, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren, Beasiswa Santri dan TJSL BUMN. Di samping itu Erick Thohir juga berstatus sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Erick Thohir juga berhasil mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI) dari hasil merger bank-bank syariah milik BUMN. Bersamaan dengan itu, Erick Thohir juga mengembangkan industri halal Indonesia dengan mengekspor kopi ke Oman dan Maseri, begitu juga denga rempah yang diekspor ke Ghana.

Karenanya, Erick Thohir banyak menyedot dukungan dari basis NU dan pemilih muslim Indonesia. Kerja nyata di bidang ekonomi syariah tersebut hanya segelintir dari banyaknya kerja nyata yang dimiliki Erick Thohir dalam membantu pemerintahan Presiden Jokowi.

Hal tersebut juga membuat pemilih Ganjar sebanyak 19,2 persen memilih Erick Thohir sebagai Cawapres di Pilpres 2024 mendatang berdasarkan hasil temuan Indikator. "Basis pemilih Ganjar sebanyak 19,2 persen memilih Erick Thohir," terang Burhanuddin. (RO/OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal L

Jaksa Tolak Pledoi Hendra Lantaran Hanya Berisi Perjalanan Hidup dan Karir

👤Khoerun Nadif R 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
, Jaksa pun mengambil sikap untuk tidak menanggapi nota pembelaan oleh pihak Hendra lantaran  tidak masuk dengan perkara obstruction...
dok.mi

Pakar Hukum: Sah-sah Saja Jaksa Tuntut Eliezeer 12 Tahun

👤Selamat Saragih 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:27 WIB
PAKAR hukum pidana, Prof Hibnu Nugroho, mengatakan, sah-sah saja jika ada pandangan lain soal "justice collaborator" dari JPU...
AFP

Presiden: Tidak hanya Bebas, Pers juga Harus Bertanggung Jawab

👤Abdhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:15 WIB
Presiden Joko Wododo mengamanatkan Dewan Pers untuk menyosialisasikan kepada seluruh media di Indonesia akan pentingnya kerja jurnalistik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya