Selasa 01 November 2022, 22:01 WIB

Polisi akan Periksa Kembali Ketum PSSI terkait Tragedi Kanjuruhan

Irfan Julyusman | Politik dan Hukum
Polisi akan Periksa Kembali Ketum PSSI terkait Tragedi Kanjuruhan

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto

 

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule akan diperiksa kembali terkait Tragedi Kanjuruhan pada Kamis (3/11) mendatang.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah menyampaikan bahwa dalam agenda tersebut pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi tambahan.

Pihak kepolisian juga turut melakukan pemeriksaan terhadap saksi ahli dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Kamis, 3 November akan dilakukan yang pertama adalah pemeriksaan tambahan saksi dari Ketua Umum PSSI," kata Nurul saat ditemui di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (1/11).

"Kemudian yang kedua melakukan pemeriksaan ahli dari Kemenpora, kemudian melakukan pemeriksaan ahli hukum dari Kemenkumham," sambungnya.

Sebelumnya, Iwan Bule telah diperiksa oleh penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Timur (Jatim) terkait Tragedi Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 135 orang, pada Kamis (20/10), selama lima jam dari pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB.


Baca juga: Ombudsman Tindak Lanjuti Dugaan Pemerasan Kasus Richard Mille


"Terima kasih, hari ini saya telah menghadiri pemanggilan di Polda Jatim. Alhamdulillah selesai," kata Iwan Bule, usai diperiksa di Mapolda Jatim, Surabaya.

Iwan Bule meminta maaf karena pada pemanggilan pertama yakni Selasa (18/10) dirinya tidak bisa hadir. "Mohon maaf kami pemanggilan pertama tidak bisa hadir, karena ada kegiatan di Kuala Lumpur yakni rapat AFC dan FIFA," ujarnya.

Terkait pemeriksaan tersebut, Iwan memberikan kewenangan kepada Ahmad Riyadh yang sudah ditunjuk sebagai juru bicaranya. Riyadh sendiri merupakan Ketua PSSI Jatim, Ketua Komite Wasit, sekaligus anggota Komite Eksekutif PSSI.

Sementara itu, Riyadh menyampaikan, pemeriksaan berjalan lancar. Dalam pemeriksaan, Iwan Bule diberi sekitar 45 pertanyaan yakni mencakup identitas diri, legalitas federasi, struktur, peran dan tugas pokok PSSI ke klub, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi sampai panitia pelaksana pertandingan. (OL-16)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Wapres: Pesantren Jangan Jadi Beban untuk Masyarakat

👤Emir Chairullah 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:46 WIB
Dengan persebaran pesantren yang luas hingga ke seluruh Indonesia, fungsi pemberdayaan ini harus semakin...
Antara/Ampelsa.

Bersama Ribuan Warga Aceh, Anies Baswedan Ajak Jaga Perdamaian

👤Andromeda Arizal Fathano 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 12:40 WIB
Antusiasme masyarakat Banda Aceh menyambut kedatangan Anies Baswedan, capres NasDem di Pemilu 2024, sangat...
Ist/DPR

Komisi I DPR RI Setujui Pengangkatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:41 WIB
Komisi I DPR RI menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa dan Pengangkatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya