Jumat 28 Oktober 2022, 12:12 WIB

Firli Tegaskan KPK akan Jemput Lukas Enembe di Papua

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Firli Tegaskan KPK akan Jemput Lukas Enembe di Papua

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Gubernur Papua Lukas Enembe

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Firli Bahuri memastikan akan menjemput Gubernur nonaktif Provinsi Papua Lukas Enembe untuk menyelesaikan penegakan hukum atas kasus suap yang menjerat Lukas. Namun, Firli menegaskan KPK tetap memperhatikan kondisi kesehatan Lukas.

"Kita sudah melakukan persiapan. Tentu kita pertama dalam rangka penyelesaian penegakan hukum. Kedua kita menjunjung tinggi asas-asas tugas pokok KPK, di antaranya menjunjung hak asasi manusia," ujar Firli pada media seusai menghadiri upacara pengucapan sumpah Wakil Ketua KPK RI Johanis Tanak di Istana Negara, Jakarta, Jumat (28/10).

Sebelumnya, KPK telah mengirimkan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memeriksa kondisi kesehatan Lukas. Selain itu, Firli mengatakan tim penyidik juga telah berangkat ke Papua.

Baca juga: Lukas Enembe Bantah Tudingan Terima Suap dan Gratifikasi

"Berdasarkan keterangan dokter yang kita dapat, yang bersangkutan (Lukas) dalam keadaan sakit, maka kita harus prioritas pertama memulihkan kesehatan yang bersangkutan," papar Firli.

"Waktunya saya belum bisa memastikan kapan (ke Papua). Tapi kita pasti akan ke sana. Tim penyidik maupun tim ikatan dokter sudah," imbuh dia.

Selain itu, Firli mengapresiasi sikap rakyat Papua yang kooperatif dengan menyambut kedatangan tim KPK beserta tim dokter untuk penegakan hukum. Hal itu menurutnya sekaligus penghormatan terhadap HAM.

"Kita terima kasih kepada rakyat Papua yang menyatakan selamat datang pada KPK dan dokter yang bekerja dalam rangka penegakan hukum," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Duet Prabowo-Erick Makin Didukung Pemilih Milenial Jawa Barat

👤Widhoroso 🕔Minggu 04 Desember 2022, 16:26 WIB
DUET Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk Pilpres 2024 main didukung pemilih milenial Jawa...
dok.twitter

Bawaslu Gandeng Platform Media Sosial Berantas Informasi Hoaks

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:50 WIB
BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggandeng beberapa platform media sosial, seperti Facebook hingga TikTok guna turutserta...
Ist/DPR

Komisi III DPR Tegaskan Pengedar dan Penjual Narkoba Harus Dihukum Maksimal

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:51 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh menegaskan bahwa ke depan bagi pengedar dan penjual narkoba harus dihukum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya