Sabtu 13 Agustus 2022, 13:35 WIB

Pameran Arsip Kepresidenan dari Masa ke Masa Resmi Dibuka

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Pameran Arsip Kepresidenan dari Masa ke Masa Resmi Dibuka

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Pengunjung mengamati foto-foto dokumentasi kegiatan Presiden Sukarno

 

KEMENTERIAN Sekretariat Negara (Kemensetneg) kembali menggelar Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI sebagai bagian dari perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Pameran yang mengangkat tema “Indonesia Menjawab” dibuka oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di halaman parkir Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/8).

Pameran arsip “Indonesia Menjawab” menampilkan koleksi arsip Kemensetneg berbentuk dokumen, foto, video dokumenter, dan memorabilia yang akan mengisahkan bagaimana Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo dengan caranya masing-masing menjawab tantangan dan ujian yang datang silih berganti menerpa Indonesia dan dunia.

Dikutip dari siaran pers Kemensesneg, pameran arsip tahun 2022 menekankan pada berbagai langkah dan kebijakan Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo dalam mengatasi berbagai tantangan dan ujian kenegaraan.

Pada era kepemimpinan Presiden Sukarno, ia berupaya meningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemberantasan buta huruf. Lalu, Pesiden Soeharto berupaya mengendalikan laju populasi di Indonesia melalui program keluarga berencana dan mengatasi laju inflasi melalui Gerakan Gemar Menabung.

Baca juga: Bertambah, 16 Anggota Polisi Ditahan Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

Saat pemerintahan presiden Habibie meletakkan dasar/pondasi demokrasi di Indonesia melalui kebijakan kebebasan Pers dan HAM, Presiden Abdurrahman Wahid berupaya menjaga integrasi NKRI dan penyatuan keberagaman.

Lalu, presiden Megawati mengeluarkan kebijakan pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara langsung serta pemberantasan korupsi dan terorisme, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berusaha mempertahankan stabilitas ekonomi pasca bencana Tsunami Aceh dan Presiden Joko Widodo dalam pengendalian pandemi Covid-19 yang mengancam stabilitas ekonomi bangsa.

Seluruh rangkaian sejarah perjalanan bangsa Indonesia itu terekam dalam media arsip yang terdiri atas 44 berkas arsip tekstual, 104 arsip foto, 4 arsip video, dan 1 arsip audio.

Pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan “Indonesia Menjawab” akan diselenggarakan selama 10 hari, yakni dari tanggal 13 - 22 Agustus 2022. Pengunjung dapat melihat koleksi arsip kepresidenan yang berada di lantai GF (Ground Floor), Lantai 1, dan Lantai 2 Gedung Sarinah, Jakarta. Sementara itu, lokasi pameran Mobil Kepresidenan yang pernah digunakan oleh para Presiden RI dari waktu ke waktu berada di halaman parkir Gedung Sarinah, Jakarta. (OL-4)

Baca Juga

MI/Bagus Suryo

Jumlah penonton di Kanjuruhan saat kerusuhan tak Jelas

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 21:53 WIB
Komdis PSSI pun menyalahkan panitia pelaksana pertandingan Arema FC atas kesimpangsiuran data penonton...
ANTARA FOTO/Adam Bariq

KPK Tahan Tersangka Terakhir di Kasus Suap Hakim Agung

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 21:32 WIB
Lembaga Antikorupsi bakal memperpajang penahanannya sampai pemberkasan perkara ini rampung sesuai dengan aturan yang...
MI/Marcel Kelen

Pemanggilan Ulang Lukas Enembe, KPK Tunggu Waktu yang Pas

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 21:05 WIB
Karyoto mengatakan rencana ini juga dilakukan untuk menentukan suasana yang pas saat pemeriksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya