Jumat 29 Juli 2022, 18:38 WIB

Relawan akan Serahkan Nama Capres ke Jokowi

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Relawan akan Serahkan Nama Capres ke Jokowi

MI/Seno
Ilustrasi

 

PARA kelompok relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas sejumlah nama untuk diusulkan pada kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024. Sekretaris Jenderal Projo Handoko menjelaskan usulan nama itu akan disampaikan secara tertutup pada presiden setelah musyawarah digelar.

"Kita bahas, tapi itu semua nama-nama itu akan kami laporkan secara tertutup kepada presiden. Jadi tidak menjadi konsumsi publik supaya tidak dianggap kami misalnya jadi endoser salah satu nama misalnya," terang Handoko pada media, Jumat (29/7). Jokowi mengumpulkan para relawan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/7).

Handoko lebih jauh menuturkan sejauh ini belum ada nama yang diusulkan para relawan. Namun, ia menekankan hal itu akan dilakukan melalui mekanisme penjaringan dari akar rumput.

"Belum, nama-nama kan bukan dari kita. Dari rakyat, kan terserah rakyat siapa. Kalau kita kan hanya melakukan mekanisme penjaringan. Nama-nama silakan, kami akan sejujur mungkin untuk menangkap suara dari rakyat," terang Handoko.

Pada pertemuan para relawan dengan presiden di istana negara, Handoko menjelaskan perwakilan relawan yang hadir melaporkan rencana Musyawarah Nasional yang akan digelar di Bandung, 27 Agustus 2022. Ia menjelaskan terdapat 17 relawan yang tergabung dalam kegiatan Musyawarah Nasional.

Baca juga: Jokowi Tiba Kembali di Tanah Air usai Lawatan ke Tiongkok, Jepang, dan Korsel

"Kami sampaikan juga bahwa hasil dari Musyawarah ini akan kami laporkan secara tertutup kepada Presiden Jokowi sebagai dewan pembina kami," ucapnya.

Para relawan, tegas Handoko, akan mematuhi arahan Jokowi dan mengamankan arahan dalam menjalankan tugas presiden. Jokowi, terang Handoko, tidak menyampaikan pesan khusus dan mempersilahkan relawan menggelar musyawarah.

"Kami juga sampaikan kepada presiden bahwa hasil dari Musyawarah, kami tidak akan membuka secara langsung nama-nama. Semua akan kami laporkan secara tertutup kepada presiden nanti," tukasnya.

Tujuh belas organisasi relawan yang ikut dalam musyawarah itu adalah PROJO, Relawan Buruh Sahabat Jokowi, Seknas Jokowi, Bara JP, GK Center, Almisbat. Kemudian RPJB, Duta Jokowi, Kornas Jokowi, RKIH, JAMAN, GAPURA, Indeks, KIB, Sekber Jokowi Nusantara, KA-PT, dan Maluku Satu Hati. Adapun salah satu agenda dari musyawarah yakni menjaring nama-nama yang akan didukung para relawan pada pemilu 2024. (OL-4)

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Golkar Jawa Barat Bebaskan Airlangga Pilih Pasangan dalam Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:40 WIB
Sejumlah pihak mengusulkan Airlangga berpasangan dengan Anies Baswedan atau Ridwan...
DOK MI.

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditangkap Timsus Polri

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:35 WIB
Tim khusus Polri menangkap sopir dan ajudan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait dengan kasus tewasnya Brigadir...
MI/Adam Dwi.

Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob selama 30 Hari

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 16:20 WIB
Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, selama 30 hari ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya