Sabtu 02 Juli 2022, 18:00 WIB

Moeldoko: Kunjungan Presiden Jokowi Murni Demi Kemanusiaan

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Moeldoko: Kunjungan Presiden Jokowi Murni Demi Kemanusiaan

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

 

KEPALA Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina bukan sebagai juru runding, melainkan membawa misi perdamaian dan kemanusiaan. 

"Di saat negara lain memilih untuk diam atau memihak, tapi Indonesia memilih untuk aktif bergerak mengusahakan perdamaian," ujar Moeldoko, seperti dikutip dari siaran pers KSP, Sabtu (2/7). 

Baca juga: MPR Usul Debat Capres Angkat Tema Kebangsaan

Ia mengatakan yang dilakukan presiden merupakan contoh tentang pentingnya menyuarakan hal baik tentang kemanusiaan. Presiden, ujarnya, memiliki tekad memperjuangkan perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang saat ini tengah berperang. 

Dampak dari perang, ujar Moeldoko, mengganggu stabilitas global baik dari segi ekonomi, sosial dan kemanusiaan. Oleh karena itu, alih-alih menunggu, Presiden Jokowi berkunjung langsung ke dua negara yang terlibat konflik melakukan dialog dengan dua pemimpin. 

"Presiden telah membuktikan bahwa perdamaian mutlak diperjuangkan dengan segala risikonya, bukan hanya menunggu," tandas Moeldoko. 

Moeldoko menegaskan, pemerintah Indonesia ingin menjaga perdamaian dunia dan menjaga prinsip pendiri bangsa sebagai inisiator gerakan non-blok atau tidak berpihak. 

"Sebagai pemegang Presidensi G20, Indonesia ingin mewujudkan upaya bersama untuk pulih dari krisis pandemi dan global," imbuhnya. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berkunjung ke Ibu kota Ukraina Kyiv, Rabu, (29/6). Selain bertemu dan berdialog dengan Presiden Ukraina Zelenskyy, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada pusat Ilmiah dan Bedan Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina, di Kota Kyiv. (OL-6)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Ketua DPR Puji Ketegaaan Kapolri Copot Polisi yang Terlibat Praktik Ilegal

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 09:42 WIB
“DPR RI mendukung upaya tegas yang dilakukan Kapolri terkait praktik-praktik ilegal, termasuk bila terjadi di tubuh Polri...
dok.Ant

Pelaku Obstruction of Justice dalam Kasus kematian Brigadir J, seluruhnya dari DivPropam Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:54 WIB
PELAKU obstruction of justice atau  menghalangi penyidikan dalam kasus pembunuhan Brigadir J seluruhnya dari Divpropam...
dok.ist

FKPP: Suharso Didemo Karena Dinilai Menistakan Kiai dan Pesantren

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:44 WIB
Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) berunjurasa di depan Gedung DPP PPP karena ucapan Ketum PPP Suharso Monoarfa dinilai menistakan kiao...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya